10 cara SEO WordPress agar menaikkan peringkat pada mesin pencarian Google

Jika kamu memiliki sebuah blogger di WordPress, mengetahui cara menaikkan peringkat pada mesin pencarian Google menjadi sangat penting. Hal ini perlu kamu ketahui supaya website milikmu bisa memiliki traffic kunjungan yang tinggi dan apabila memungkinkan bisa dilakukan monetisasi.

Nah, trick utama untuk menaikkan peringkat pada Google adalah dengan optimasi SEO WordPress. Jangan khawatir, kali ini kita akan membahasnya secara mendetail sehingga kamu bisa mempraktikannya secara langsung. Simak pembahasannya sampai selesai.

Cara optimalisasi SEO WordPress

  1. Menginstall plugin wordpress

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam memaksimalkan SEO WordPress adalah menginstall plugin WordPress. Hal ini perlu kamu lakukan supaya kamu lebih mudah dalam mengelola webistemu. Ada beberapa plugin wordpress yang bisa kamu coba yaitu Yoast SEO atau all in One SEO pack.

 

  1. Maksimalkan penggunaan permalink

Pada dasarnya, website dari WordPress memiliki alamat yang cukup panjang, yang terdiri dari tanggal dan nama URL. Misalnya https: //domainsaya.com/2021/07/21/judul-artikel.

Berbeda dengan permalink yang disukai Google yaitu judul atau keyword. Nah untuk mengubah settingan permalink di WordPress, kamu bisa mengubahnya melalui dashboard WordPress lalu pilih Settings. Selanjutnya pilih Button Post Name dan klik Save Change.

Namun perlu diingat, apabila kamu melakukan perubahan permalink ketika artikel sudah di share di media sosial atau website lain, sudah dipastikan jika permalink yang lama tidak bisa diakses lagi. Jika hal tersebut sudah terlanjur, kamu bisa mengatasinya dengan menu Change Permalink Helper.

 

  1. Riset keyword

Dalam menulis artikel, penggunaan keyword yang tepat bisa menaikkan peringkat website di mesin pencarian Google. Karena keyword menjadi salah satu komponen penting Google dalam menentukan peringkat sebuah website. Keyword ini nantinya akan menjadi kunci bagi orang ketika mencari sebuah artikel.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan keyword yang cocok dengan artikel yang akan di publish. Usahakan membuat keyword yang sederhana,unik, dan mudah diingat orang.

 

  1. Manfaatkan Tag Header

Secara sederhana, heading dan subheading bisa disamakan dengan judul utama dan sub judul yang akan membagi artikel menjadi beberapa poin. Penggunaan 2 elemen ini bisa membantumu dalam optimalisasi artikel. Jika kamu sudah menemukan keyword, kamu bisa menyisipkan keyword ini di headingnya.

 

  1. Cobalah untuk mendesain website

Salah satu keuntungan website dari WordPress adalah memiliki tampilan layout dalam jumlah banyak yang bisa diakses secara gratis. Perlu kamu perhatikan, desain website akan mempengaruhi minat dan mood pengunjung untuk berada di website tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Kamu harus bisa mendesain website yang responsif, ringan dan mudah dipahami. Selain itu, kamu harus memperhatikan penggunaan warna backgroud. Jangan menggunakan warna yang membuat mata sakit. Perhatikan juga jenis huruf yang digunakan. Jangan sampai kamu memakai huruf yang terlalu besar atau kecil hingga jenis huruf yang alay. Posisikan dirimu sebagai pembaca untuk mencari letak kenyamanan dalam membaca artikel di sebuah website.

 

  1. Manfaatkan sitemap

Jika kamu seorang blogger yang masih baru, penggunaan sitemap mungkin masih terasa abu – abu. Di wordpress ini kamu bisa memanfaatkan sitemaps xml di website. Cobalah untuk mendaftarkan sitemap xml website ke Google webmaster tools supaya website lebih mudah terindex oleh Google.

Jika kamu juga ingin menggunakan Bing, maka daftarkan juga sitemap websitemu ke Bing Webmaster tools. Dengan cara ini, website dari WordPress bisa muncul dengan mudah di mesin pencarian Bing.

 

  1. Manfaatkan tools Share on Sosial Networking

Supaya SEO WordPress ini semakin maksimal, kamu bisa memaksimalkan penggunaan tools Share on Sosial Networking. Dengan cara ini, para pengunjung bisa membagikan artikel atau konten lainnya ke media sosial lain menggunakan tompol ini. Semakin sering dibagikan, maka peluang meningkatnya traffic kunjungan ke website akan semakin besar.

 

  1. Gunakan link internal

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic SEO WordPress adalah dengan menggunakan link internal.  Link internal adalah sebuah tautan yang bisa membawa pengunjung ke artikel lain di dalam wabsite yang sama. Kamu bisa menyisipkan link internal ini ke dalam anchor teks atau rekomendasi artikel di bawah artikel yang kamu tulis. Sebagai tambahan informasi, anchor teks adalah kalimat yang bisa disisipi sebuah link yang jika diklik bisa membuka artikel lain.

 

  1. Buatlah backlink

Backlink yang bagus bisa meningkatkan ranking SEO wordpress. Oleh karena itu, buatlah backlink yang memang memiliki satu topik tema website. Hindari backlink yang memiliki banyak spam ya, karena hal ini justru akan membuat artikel sulit terindex oleh Google.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk membuat backlink yang bagus, misalnya berkomentar di postingan artikel milik orang lain. Namun ingat jangan berkomentar negatif. Selain itu,kamu juga bisa memanfaatkan link internal yang bisa mengarahkan pembaca ke artikel lain di website atau blog yang sama.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan artikel di websitemu untuk dipublish di website orang lain. Mudah bukan.

 

  1. Maksimalkan HTTPS

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan SEO WordPress adalah dengan memanfaatkan setting HTTPS. Cara ini bisa membantu Google untuk menentukan peringkat website di mesin pencarian Google. Kamu bisa mencoba menggunakan layanan hosting yang memiliki service SSL free.

Demikianlah 10 cara meningkatkan SEO WordPress agar menaikkan peringkat pada mesin pencarian Google. Semoga kamu berhasil meningkatkan peringkat website dengan 10 cara di atas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved