5 Cara Untuk Mengembalikan Semangat Menulismu

Bagi para penulis, kehilangan semangat saat menulis bukanlah hal asing yang kadang terjadi di saat-saat tertentu. Bukan berarti hal ini merupakan sesuatu yang diinginkan pula, apalagi jika ide sedang bagus tetapi keinginan untuk menuangkan ke dalam tulisan seolah lenyap begitu saja. Sialnya, kadang semangat menulis turun di saat genting, dengan deadline yang semakin dekat, dan keharusan untuk menyelesaikan tulisan menjadi prioritas nomor satu. Namun bukannya mengembalikan semangat, hal ini biasanya justru menambah kepanikan.

Kehilangan semangat menulis memang suatu hal yang bisa saja dihindari. Akan tetapi kita tidak tahu kejadian apa saja yang menimbulkan dampak kurang baik pada semangat kita dalam menulis, seperti hari yang buruk misalnya, atau mood yang kurang mendukung, atau mungkin kejadian tidak terduga lainnya. Saat hal ini terjadi, apa yang sebaiknya dilakukan? Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat menulismu yang sempat redup, dan berikut 5 diantaranya yang bisa dicoba!

1) Baca ulang tulisanmu dari awal

Cobalah membaca ulang draft yang sudah ada. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan semangat untuk melanjutkan menulis. Kamu bisa mendapatkan kembali groove menulis yang sempat turun karena dengan membaca tulisanmu sendiri bisa mengarahkanmu ke ‘jalan semula’ atau inti dari pokok pikiran yang ingin disampaikan dalam tulisanmu. Membaca ulang naskah yang sudah ada akan membantu menstimulasi otak agar ide-ide baru bermunculan sehingga kamu mendapatkan kembali keinginan menulis yang sempat hilang.

Selain itu, membaca ulang tulisan yang sudah ada bisa sekaligus untuk mengecek kesalahan-kesalahan kecil yang biasanya terjadi, seperti salah ketik, penulisan kalimat yang kurang sesuai, atau kesalahan lainnya. Hal ini juga bisa sejenak mengalihkan pikiran tentang keharusan melanjutkan menulis dan mengarahkan fokusmu untuk memperhatikan kualitas tulisan yang sejauh ini sudah tertuang dalam draft.

2) mengganti tempat atau suasana menulis

Lingkungan tempat menulis juga berperan penting dalam membangun semangat atau keinginan menulis. Bahkan hal ini bisa menjadi kunci utama agar mood untuk melanjutkan tulisan selalu terjaga. Setiap orang memiliki preferensi tersendiri soal tempat, dan masing-masing hanya bisa bekerja dalam kondisi tertentu. Tak ayal memilih tempat yang dirasa sesuai menjadi suatu keharusan untuk beberapa orang.

Untuk opsi luar ruangan, bisa di cafe yang memiliki suasana kondusif, taman atau ruang umum terbuka jika memungkinkan, atau tempat umum seperti perpustakaan daerah/kota terdekat. Akan tetapi jika dirasa kurang nyaman untuk bepergian di situasi pandemi seperti ini, bisa juga tetap berada di rumah dan mengakali dengan berpindah ruangan. Jika sebelumnya di kamar, mungkin bisa pindah ke ruang tamu, ruang keluarga, atau teras sembari menghirup udara segar.

Selain itu, jika kamu menulis di komputer atau laptop, kamu bisa mengganti media dengan menulis di buku catatan untuk menghindari suasana yang monoton selama menulis menggunakan perangkat tertentu. Membuat coret-coretan di buku catatan tentang poin-poin penting yang akan kamu tulis nantinya akan memperjelas tujuan menulis dan memicu semangat untuk tetap terjaga.

3) rehat sejenak

Sudahkah kamu istirahat? Selain istirahat cukup untuk mengoptimalkan kinerja pikiran, beristirahat saat di sela-sela kegiatan juga bisa membantu mengembalikan semangat. Ambillah jeda sejenak saat mulai kurang bersemangat melanjutkan tulisan dan lakukan aktivitas lain yang tidak terlalu berat agar tidak terpuruk terlalu lama. Kamu bisa melakukan peregangan sejenak, merilekskan otot-otot badan yang sebelumnya berada di posisi yang sama dalam waktu yang tentunya tidak sebentar saat menulis.

Jalan-jalan sejenak di sekitar rumah atau lingkungan kerja juga bisa membantu merilekskan pikiran. Jika di luar, entah di cafe, perpustakaan, atau tempat umum lainnya, mungkin bisa sejenak bermain game di gawai, scroll platform media sosial yang ada, ataupun sekedar melihat-lihat buku di perpustakaan.

4) musik untuk inspirasi dan camilan sebagai teman

Cara lain untuk mengembalikan semangat menulismu, kamu bisa memutar musik kesukaan atau yang mendukung suasana menulis yang pas, baik melalui berbagai media pemutar musik online yang ada atau dari koleksimu sendiri. Saat butuh sesuatu yang menggugah semangat, kamu bisa memutar musik bertempo rancak dan ceria. Atau jika menginginkan ketenangan, musik instrumental yang berirama lambat juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi kekosongan. Jika kamu sedang tidak dikejar target dan menulis sebuah proyek yang tidak terlalu mendesak, musik juga bisa memberikan inspirasi untuk ide lain yang dapat membantu memulihkan semangat menulis.

Selain musik, menyediakan camilan untuk menemanimu saat menulis bisa menjadi mood booster tersendiri, lho. Asalkan kamu tidak terfokus pada makananmu saja, ya! Sediakan makanan ringan yang tidak terlalu merepotkan untuk dikonsumsi saat sedang mengetik atau menulis, seperti keripik, wafer, biskuit, atau mungkin kue yang tidak terlalu berat untuk mencegah cepat kenyang dan mengantuk. Jangan lupa untuk minum yang cukup juga, agar konsentrasi tetap terjaga.

5) ciptakan target untuk memotivasi

Alternatif lain untuk meningkatkan semangat menulis yang mulai menurun yaitu menciptakan target untukmu sendiri, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Kamu bisa memakai poin-poin yang sudah kamu catat sebelumnya untuk membuat target jangka pendek, sebagai acuan tentang apa saja yang akan kamu tulis di beberapa paragraf selanjutnya. Cara ini juga bisa membantumu tetap fokus pada tujuan menulismu, agar hal yang dibicarakan tidak melebar ke hal-hal yang sekiranya tidak dikerlukan. Sebagai target jangka panjang, kamu bisa tentukan berapa minimal jumlah kata yang setidaknya ingin kamu capai dalam satu hari atau berapa halaman yang ingin kamu selesaikan tiap minggunya, dan melakukannya secara rutin. Hal ini akan menjadi pemicu semangat tersendiri saat kamu berhasil mencapai target yang sudah ditentukan, dan menjaga agar semangat menulis tidak mudah turun.

Nah, tips-tips tadi merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan saat mulai kehilangan semangat dalam menulis, baik untuk melanjutkan tulisan yang sudah ada atau sekedar memunculkan motivasi untuk kembali menulis proyek baru. Dari beberapa hal di atas, mana saja yang sudah kamu coba lakukan? Kamu juga bisa menemukan versimu sendiri, lho, untuk mengembalikan semangat menulismu dan melanjutkan kembali ide-ide yang mungkin sempat tertunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved