5 Langkah Membuat Artikel Yang Menarik Dalam 5 Menit

Halo semuanya? Bagaimana kabarnya? Semoga semua masih baik – baik saja. Di artikel kali ini, kita akan membahasa 5 langkah membuat artikel dalam 5 menit. Tentu saja masih banyak orang yang berpikir jika membuat artikel merupakan hal yang sangat sulit.

Nah jika kamu masih adalah seorang penulis pemula, ini merupakan hal yang penting untuk di pelajari bagaimana caranya menulis sebuah artikel yang baik dalam waktu yang singkat, sehingga bisa menarik minat banyak pembaca. Nah kamu jangan khawatir ya, di sini kamu bisa mendapatkan tips jitu tentang 5 langkah membuat artikel dalam 5 menit yang bisa kamu coba. Simak sampai habis ya.

  1. Menentukan topik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam menentukan topik artikel. Topik ini berguna sebagai pedoman dalam menulis artikel sehingga kamu akan tetap fokus dan tidak keluar dari topik tersebut.

Misalnya saja, kamu ingin menulis artikel di website yang bertemakan tentang makanan, maka kamu bisa memilih topik tentang resep suatu makanan, review kuliner, hingga tips dan trick tentang dunia kuliner.

 

  1. Mencari data dan referensi

Setelah kamu berhasil menentukan topik tulisan, kini kamu harus memikirkan isi dari artikel tersebut. Tentu saja kamu tidak boleh menuliskan artikel secara sembarangan, melainkan harus ada sumber atau referensi yang jelas.

Misalnya kamu akan menulis artikel tentang penyakit jantung, kamu harus menulis berdasarkan fakta atau penelitian medis terbaru dan bisa dipercaya. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan riset yang mendalam tentang data dan referensi yang kamu gunakan.

Dalam riset ini, kamu harus benar – benar memilah sumber yang bisa dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Jangan sampai artikel yang kamu baca mendapat komentar negatif, hanya karena isi artikel yang ternyata tidak sesuai dengan hal yang sebenarnya, alias kamu hanya menuliskannya secara sembarangan tanpa dasar yang jelas.

 

  1. Mulai menulis

Jika kamu sudah menyiapkan semua bahan, kamu sudah bisa memulai utnuk menulis. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memulai menulis yaitu

  1. Buatlah judul artikel yang menarik

Sebelum memulai menulis, kamu harus menentukan judul artikel. Bisa dibilang jika judul akan menentukan nasib artikelmu. Judul artikel akan muncul di mesin pencarian ya, sehingga apabila judulmu tidak menarik atau kurang meyakinkan tentu saja akan membuat artikelmu tidak dilirik pembaca.

Dalam menentukan judul artikel, kamu harus bisa membuat judul yang mewakili isi artikel. Biasanya judul artikel yang menarik akan dibalut dengan kalimat pertanyaan atau kalimat pernyataan, dan meningkatkan rasa penasaran para pembaca.

  1. Tentukan sudut pandang atau angle

Menentukan sudut pandang atau angle dalam menulis artikel sangatlah penting, dikarenakan hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pembaca. Penentuan sudut pandang yang benar juga bisa membuat artikelmu beda dari artikel yang lain. Misalnya ingin menggunakan sudut pandang kedua atau ketiga.

  1. Perhatikan jumlah kata yang digunakan

Sebagai seorang penulis pemula, kamu juga harus memperhatikan jumlah kata yang akan kamu gunakan di artikel. Jangan membuat artikel dengan jumlah kata yang mesedikit, karena hal tersebut akan menyebabkan artikel sulit terindex oleh Google serta membuat artikel kurang menarik.

Jumlah kata minimum yang bisa kamu gunakan adalah 600 kata. Jika lebih panjang dari itu pun tidaklah masalah, tergantung dari topik yang dibahas.

  1. Gunakan gambar

Di dalam sebagian artikel di internet, seringkali terdapat gambar di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembaca juga untuk mewakili isi artikel. Nah, kamu juga bisa menambahkan gambar di dalam artikel yang kamu buat. Akan lebih baik kamu menyisipkan gambarmu sendiri, misalnya hasil jepretan menggunakan hp pribadi atau gambar yang didesign oleh kamu sendiri sehingga keaslian gambar terjaga.

  1. Jangan lupakan keyword

Dalam menulis artikel, jangan pernah lupa untuk menyisipkan keyword ya. Dengan adanya keyword ini, mesin pencarian bisa langsung terarah ke artikelmu. Hal ini akan membuat artikelmu lebih mudah ditemukan oleh banyak orang.

  1. Buatlah artikel yang padat, singkat, dan jelas

Dalam membuat artikel, akan lebih baik jika kamu langsung fokus ke dalam permasalahan atau tidak bertele – tele. Namun kamu juga harus memperhatikan jumlah kata minimal dan struktur artikel yang baik ya, seperti pembuka, isi, dan penutup.

Di dalam tahapan ini, kamu bisa menggunakan teknik piramida terbalik, di mana di bagian awal artikel kamu menuliskan tentang inti bahasan, lalu semakin ke bawah berisi tentang penjelasan inti bahasan secara lebih mendetail.

 

  1. Lakukan editing

Setelah selesai menulis, kamu harus melakukan edit artikel terlebih dahulu dan jangan langsung di publish. Kamu  harus menyunting artikel dengan teliti, mulai dari tanda baca, penggunaan huruf besar dan kecil, serta hindari kemungkinan typo. Apabila artikelmu rapi, maka pembaca pun akan merasa nyaman untuk membaca.

 

  1. Publish dan share artikel

Langkah terakhir dalam membuat artikel adalah publish artikel tersebut di blog pribadi atau website milikmu. Setelah itu, jangan lupa untuk share artikel tersebut di media pribadimu atau komunitas, supaya banyak orang yang tahu tentang artikel tersebut.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan pluggin yang terdapat di blog atau website, sehingga bisa memudahkan pembaca jika ingin share artikel ke orang lain. Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, sehingga link artikel bisa secara otomatis tersambung ke media sosial siapapun yang mengakses artikel.

 

Demikianlah 5 langkah mudah membuat artikel dalam 5 menit. Sangat mudah bukan. Jadi selamat menulis dan jangan mudah menyerah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved