7 Cara Menulis Artikel Seo Friendly Yang Disukai Google

7 Cara Menulis Artikel Seo Friendly Yang Disukai Google

Di jaman yang serba canggih seperti ini, pencarian beragam informasi menggunakan gadget semakin pesat. Hal ini juga mendukung berkembangnya ribuan hingga jutaan website baru di seluruh dunia, yang tentu saja juga membutuhkan konten dalam jumlah yang banyak demi menyajikan informasi yang dibutuhkan orang banyak, salah satunya artikel.

Berdasarkan data yang ada, sebuah website yang bagus tentunya memiliki page rank yang tinggi. Hal ini tentunya didukung oleh konten atau artikel yang berkualitas. Nah masalahnya, ketika ada orang yang mencari sebuah informasi atau berita, apakah artikelmu akan langsung muncul di pencarian atas Google? Inilah pentingnya sebuah artikel yang SEO Friendly, di mana artikel yang kamu buat tersebut memang  dicari, dibutuhkan, dan disukai banyak orang.

Dalam membuat sebuah artikel yang SEO Friendly sendiri harus memperhatikan algoritma yang dimiliki Google, sehingga hasil yang didapat akan maksimal. Namun di pembahasan kali ini, kita tidak akan terfokus pada algoritma Google namun bagaimana cara menulis sebuah artikel SEO Friendly yang disukai Google. Di bawah ini terdapat 7 tips yang bisa kamu coba dalam membuat sebuah artikel SEO Friendly. Check it out !

  1. Tentukan Keyword Terlebih Dahulu

Kunci utama dalam membuat sebuah artikel SEO Friendly yang disukai Google adalah keyword atau kata kunci dari artikel tersebut. Ketika kamu mengetik keyword tersebut maka secara otomatis artikel yang sudah dibuat akan muncul. Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya cukup simple. Keyword yang baik adalah kata atau kalimat yang sederhana, mudah diingat, dan to the point. Misalnya kamu ingin membuat sebuah artikel tentang Membuat Bakwan Jagung. Nah kamu bisa mencoba dengan “resep bakwan jagung“, “bakwan jagung enak“, hingga “cara membuat bakwan jagung enak“.

  1. Perhatikan Struktur Artikel Yang Akan Dibuat

Membuat artikel memang terlihat mudah, namun sebenarnya cukup rumit. Apalagi ketika yang dibuat adalah artikel SEO Friendly yang memungkinkan untuk dioptimasi oleh Google.

Biasanya artikel memiliki 3 struktur umum yaitu pembuka, isi, dan penutup. Hal ini juga sejalan dengan teknik penulisan artikel SEO Friendly, yaitu teknik piramida terbalik. Di mana bagian awal artikel terdapat inti dari artikel yang dibuat lalu semakin ke bawah diisi dengan pengembangan dari inti artikel. Cara ini bisa kamu coba supaya artikel yang kamu buat tidak terlalu panjang, tidak bertele – tele, dan fokus ada poin utama.

  1. Fokus Pada Topik Utama

Seringkali dalam membuat sebuah artikel hasilnya justru terlalu panjang dan bertele – tele. Jika kamu membaca artikel seperti ini, pastinya kamu akan merasa cepat bosan dan biasanya tidak membaca sampai akhir sehingga akan menyebabkan tingkat bounce rate page menjadi besar. hal ini akan berpengaruh pada optimasi Google yang menjadi menurun.

Oleh karena itu, sangat penting untuk fokus pada inti atau topik artikel. Jika kamu ingin membahas tentang cara membuat bakwan jagung, maka fokuslah pada resep pembuatannya, bukan kriteria bakwan jagung yang enak.

  1. Tambahkan Link Internal Dan Link Eksternal

Jika kamu belum tahu, link internal adalah sebuah link yang disisipkan di sebuah artikel yang bisa menghubungkan satu page artikel dengan page yang lain dalam satu website atau blog. Hal ini berguna untuk mengarahkan pengunjung supaya berada di website tersebut lebih lama sekaligus mendalami topik artikel yang dibahas.

Sedangkan untuk link eksternal adalah link yang disisipkan di dalam artikel yang bisa menghubungkan artikel tersebut dengan artikel lain namun di website yang berbeda. Link ini bisa menambah referensi dari artikel yang kamu buat sehingga keakuratan artikel yang dibuat semakin relevan. Misalnya kamu membuat sebuah artikel tentang persebaran covid 19 di Indonesia, maka kamu bisa menyisipkan link ke sumber referensi utama yang kamu gunakan.

  1. Gunakan Gambar Di Dalam Artikel

Penggunaan gambar dalam sebuah artikel bukanlah tanpa alasan. Faktanya, sebelum membaca seluruh tulisan yang ada di artikel, sebagian besar orang pasti akan mencari gambarnya. Hal ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan ketertarikan pada artikel dan mewakili artikel yang ditulis.

Namun, jangan sembarangan menyisipkan gambar dalam artikel. Gambar yang kamu gunakan harus bisa menjadi pintu gerbang dari tulisanmu, sehingga Google bisa lebih baik dalam optimasi artikel. Selain itu agar website bisa terbuka lebih cepat dan kenyamanan pengunjung tetap ada.

  1. Gunakan Jumlah Kata Yang Pas

Sebuah artikel SEO biasanya memiliki jumlah kata di atas 600. Namun tidak jarang juga terdapat artikel yang jumlahnya mencapai ribuan kata, tergantung dari topik yang dibahas. Semakin berat topik yang dibahas, maka jumlah kata yang dipakai lebih banyak. tapi ingat, meskipun jumlah kata yang dipakai banyak, buatlah artikel yang padat informasi dan fokus pada topik artikel alias tidak bertele-tele.

  1. Update Artikel Secara Rutin

Salah satu kendala besar dalam menulis artikel SEO adalah konsisten. Jika rasa malas sudah ada, maka tentu saja akan menjadi masalah besar. memperbaharui artikel di website akan membantu meningkatkan traffic website, karena jumlah pengunjung akan semakin banyak. selain mendapatkan konten yang fresh secara rutin, semakin banyak artikel yang diupdate secara berkala akan membantu Google untuk mengidentifikasi website atau blog tetap aktif. jadi jangan lelah untuk menulis ya.

Bagaimana? Mudah bukan membuat sebuah artikel SEO Friendly yang disukai Google. Di samping 7 cara yang dibahas di atas yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman, kamu juga harus memastikan kualitas artikel tersebut ya. selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved