7 Tips Menyenangkan yang Patut Dicoba Penulis Pemula

7 Tips Menyenangkan yang Patut Dicoba Penulis Pemula

Bagi sebagian orang, menulis merupakan suatu hal yang menyenangkan, terlebih bagi mereka yang menjadikannya sebagai hobi. Akan tetapi bagi para pemula yang belum terbiasa, bisa saja menemukan beberapa kesulitan saat mereka baru saja mulai belajar. Apakah kamu termasuk penulis pemula? Jika iya, tidak ada salahnya lho, kamu mencoba salah satu dari tujuh tips menyenangkan berikut ini.

1) jangan ragu untuk menulis apapun

Saat kamu bingung tentang apa yang harus kamu tulis sebagai penulis pemula, cobalah tips yang satu ini. Tuliskan apapun yang ada di pikiranmu tanpa ragu ataupun takut. Menuangkan semua ide yang terlintas bisa menjadi alternatif menyenangkan sebagai langkah awal memulai menulis. Kamu tidak perlu terikat pada tema tertentu, genre yang spesifik, gaya kepenulisan, ataupun tata bahasa yang tepat.

Tidak perlu khawatir karena semua itu akan berkembang seiring berjalannya waktu, dan kamu akan belajar untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin kamu lakukan ketika baru memulai menulis. Membuat kesalahan wajar bukan, sebelum kita menjadi mahir? Bayi pun perlu merangkak sebelum mereka bisa berjalan, begitu juga kamu sebagai penulis pemula. Write first, edit later.

2)tulis hal yang membuatmu tertarik

Selain menulis apapun ide yang mampir ke pikiran, menuliskan hal-hal yang membuatmu tertarik juga bisa menjadi cara menyenangkan untuk melatih kemampuan menulismu, lho. Saat kamu menulis tentang hal yang disukai, kamu sudah punya mood dan motivasi yang lebih untuk menekuni latihan menulis. Suasana hati yang baik itu perlu, agar kamu juga bisa menikmati proses belajarmu.

Abaikan jika ada orang lain yang berkomentar tentang tulisanmu yang itu-itu saja, seputar hal yang sama seolah kamu tidak bosan. Tidak ada salahnya bukan, menulis soal itu-itu saja? Orang yang barusaja belajar menggambar atau melukis pun perlu waktu lama untuk menguasai teknik tertentu. Mereka perlu proses yang sama berulang-ulang agar gambar mata mereka sempurna, misalnya. Apakah mereka bosan? Mungkin saja. Tapi mereka tetap bisa menikmati karena mereka menurut mereka hal itu menarik. Begitu juga dengan penulis pemula. Temukan suatu hal yang membuatmu ingin menuliskannya dari waktu ke waktu dan mulailah menulis karyamu.

3)bacaan yang relevan

Lagi-lagi salah satu kiat yang tidak bisa dilupakan sebagai seorang penulis yaitu membaca. Sering membaca akan memperbanyak koleksi kosakata untu bekal menulismu. Selain itu, membaca juga membantumu melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda, dan seorang penulis perlu memiliki kemampuan seperti itu.

Membaca sumber-sumber yang relevan dengan apa yang kamu tulis, atau tentang hal-hal yang menarik perhatianmu akan membantu memunculkan ide-ide baru dan semangat untuk berlatih menulis. Dengan begitu, kamu akan lebih terinspirasi untuk memulai karya. Latihan menulis pun akan terasa lebih menyenangkan.

4)menulislah untuk dirimu sendiri

Ketika kamu barusaja mulai belajar menulis, hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan adalah terlalu memikirkan soal hal-hal yang tidak perlu. Kamu ingin karyamu dipublikasikan? Atau ingin dimuat di media tertentu? Atau kamu takut akan kritik maupun cibiran terhadap tulisanmu? Stop pikirkan hal-hal ini saat kamu baru memulai, karena semua itu justru bisa menghambat proses belajarmu.

Kamu bisa saja memiliki visi untuk mempublikasikan karya, dan tidak ada salahnya menjadikannya sebagai motivasi. Namun ketika masih menjadi penulis pemula, terlalu memikirkan hal semacam ini akan membuat fokus belajarmu menjadi kabur. Tanamkan niat menulismu sebagai sebuah proses dan perjalanan, dimana sebelum mencapai tujuan kamu akan menemukan hal-hal lain tak kalah menarik dibandingkan tujuan itu sendiri.

Selain itu, jangan terlalu menghiraukan kritik dan komentar yang tidak perlu. Alangkah lebih baik jika kamu menulis bukan untuk menyenangkan orang-orang tertentu saja. Menulislah untuk diri sendiri sebagai langkah awal, be yourself, temukan terlebih dahulu jati dirimu sebagai penulis. Nantinya, orang-orang yang tertarik dengan karyamu akan datang dengan sendirinya tanpa kamu harus selalu menyenangkan. Jangan sampai justru tidak bisa menikmati prosesmu sendiri.

5)ciptakan suasana yang nyaman

Seperti halnya kegiatan lainnya, suasana yang nyaman pasti akan lebih mendukung apapun yang sedang kamu lakukan. Begitu juga saat akan menulis, suasana yang bisa membuatmu lebih menikmati proses melatih kemampuanmu dalam menulis perlu diciptakan agar kegiatanmu menyenangkan. Meski setiap orang memiliki preferensi soal suasana yang nyaman bagi mereka, akan tetapi sebagian besar pasti setuju bahwa lingkungan yang tenang dan kondusif akan lebih mudah untuk konsentrasi, bukan?

Temukan tempat yang sesuai, ambil posisi yang nyaman, serta rilekskan fisik dan pikiran sebelum memulai. Ciptakan ambience yang menunjang dengan hal-hal pendukung lainnya seperti memutar musik atau bahkan menyalakan lilin aromaterapi jika kamu rasa perlu. Suasana yang nyaman akan membantu menaikkan mood dan semangat, sehingga menulis terasa lebih menyenangkan. Kamu pun bisa lebih produktif dan belajar dengan baik.

6)ikuti komunitas menulis

Tips yang satu ini jelas menyenangkan dan patut dicoba. Saat ini banyak wadah bagi para penulis yang bermunculan, baik komunitas resmi maupun yang tercipta melalui sirkel pertemanan di media sosial diantara orang-orang yang memiliki minat yang sama. Sebut saja aplikasi Wattpad atau komunitas di Instagram, yang mana setiap creator selalu berusaha membangun suasana positif dengan menyemangati satu sama lain akan karya masing-masing.

Mendapatkan motivasi dari orang-orang dengan minat dan dalam posisi yang sama denganmu akan menimbulkan perasaan semacam ‘senasib-sepenanggungan’ dan kamu juga tidak merasa sendiri. Pun saat kamu kebingungan, kehabisan ide, atau perlu pendapat khusus, kamu bisa langsung bertanya pada mereka tanpa canggung karena masing-masing pasti pernah mengalami hal yang sama. Bertukar pendapat melalui forum semacam ini akan membuat pengalaman belajar menulismu lebih menyenangkan.

7)enjoy

Kunci penting lainnya agar tidak cepat bosan, kamu perlu menikmati proses itu sendiri. Tanpa ada tuntutan atau ekspektasi yang berlebih saat kamu baru saja memulai, sehingga kamu bisa menikmati tanpa ada paksaan. Menjalani sesuatu dengan terpaksa tidak akan membuat suatu hal berubah menyenangkan. Nikmati setiap langkah, hadapi setiap hambatan dengan tenang dan jangan buru-buru, karena menulis sesuatu dengan buru-buru bisa memberikan hasil yang kurang maksimal. Meskipun disiplin itu perlu, kamu tidak harus memberikan target yang terlalu tinggi saat baru memulai. Naikkan targetmu sedikit-sedikit saat sudah terbiasa, menikmati apa yang kamu lakukan adalah yang paling utama.

Memulai sesuatu yang baru memanglah tidak mudah, termasuk kegiatan menulis. Kesabaran, tekad yang kuat, dan motivasi juga perlu dijaga agar proses belajar menjadi menyenangkan. Jangan cepat putus asa dan berhenti saat menemukan kesulitan, karena hal-hal tersebut merupakan bagian dari perjalananmu mengasah kemampuan menulis itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 JagoArtikel.com | All rights reserved.