Apa Itu Sales Letter?

Apa Itu Sales Letter?

Dalam suatu kegiatan bisnis strategi merupakan hal yang sangat wajib untuk diperhatikan karena seperti yang kita ketahui strategi inilah yang nantinya akan mempengaruhi hasil dari bisnis yang kita jalankan. Salah satu strategi yang paling penting dalam bisnis merupakan strategi pemasaran. Dalam strategi pemasaran terdapat suatu hal yang bernama sales letter.

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan sales letter? Sales letter merupakan serangkaian kata bisa berupa tulisan, gambar maupun video yang berfungsi untuk mempresentasikan produk Anda untuk menarik minat pelanggan sehingga memutuskan untuk membeli produk yang dipasarkan lagi dan lagi. Karena sales letter dibuat dengan tujuan untuk menarik minat konsumen supaya membeli lagi dan lagi produk yang ditawarkan maka sudah pasti dalam sales letter harus dilengkapi berbagai rincian mengenai produk.

Apa Saja Manfaat Sales Letter?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sales letter termuasuk kedalam salah satu strategi pemasaran  dalam suatu bisnis, terutama bisnis online. Lalu mengapa Anda wajib membuat sales letter? Apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sales letter sebagai salah satu strategi pemasaran? Berikut penjelasannya.

  1. Menarik minat calon pembeli

Manfaat pertama dengan membuat sales letter adalah sudah pasti pembeli akan tertarik pada produk yang Anda jual. Umumnya sebelum membeli suatu barang atau produk tentunya pembeli akan berpikir apakah produk yang akan dibeli memiliki manfaat atau tidak, apakah produk yang ingin dibeli memang dibutuhkan atau tidak. Dengan adanya sales letter maka pembeli bisa mengetahui mengenai rincian produk apa saja kegunaannya dan lain sebagainya. Dapat dipastikan sales letter bisa memberikan jawaban yang tepat bagi pembeli mengenai segala rincian dari produk yang akan dibeli. Karena itu akan sangat baik jika sales letter dibuat dengan serinci mungkin.

  1. Meningkatkan daya tarik produk yang dijual

Bagaimana sales letter bisa meningkatkan daya tarik produk yang dijual? Tentu saja hal ini sangat mungkin terjadi. Perlu Anda ketahui bahwa tujuan utama dari sibuatnya sales letter adalah supaya calon konsumen segera melakukan tindakan untuk membeli produk yang dijual. Pada hal ini tergantung bagaimana cara Anda mengarahkan calon konsumen untuk melakukan pembelian bisa dengan mengisi email dan lain sebagainya.

  1. Menjelaskan detail produk yang dijual

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sales letter akan menjelaskan segala sesuatu mengenai produk secara rinci. Selain itu sales letter juga memiliki fungsi lain yaitu untuk merekomendasikan produk yang Anda jual kepada calon pembeli. Dengan menjelaskan dan memberikan edukasi pada calon pembeli selanjutnya Anda bisa merekomendasikan produk tersebut untuk calon pembeli dengan menjelaskaan manfaat yang akan didapat jika calon pembeli membeli produk tersebut.

  1. Sales letter berguna untuk membangun list building

Dengan membuat sales letter maka Anda bisa membentuk list building dari para calon pembeli. Dengan adanya list building tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi Anda. Contohnya  jika Anda menganjurkan calon pembeli untuk meninggalkan alamat email maka pada lain hari Anda bisa berbagi artikel mengenai produk yang Anda jual, juga promosi yang ada. Selain itu dengan cara ini Anda juga bisa menjallin  hubungan yang lebih dekat dengan calon pembeli maupun pembeli yang sudah sering berlangganan.

Bagaimana Cara Membuat Sales Letter?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tentunya sekarang Anda sangat memahami begitu banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika membuat sales letter. Namun untuk menarik minat pembeli tentunya Anda juga harus membuat sales letter yang baik dan menarik. Dalam membuat sales letter terdapat beberapa hal yang menjadi konsep utama dan harus diperhatikan diantaranya siapa yang akan membeli produk yang kita jual? Dan apakah produk  yang kita jual benar-benar dibutuhkan oleh konsumen? Seberapa banyak manfaat yang bisa diberikan pada konsumen melalui produk yang dijual. Struktur sales letter sendiri secara umum dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pembukaan, manfaat, kredibilitas, harga, ciptakan kondisi, pemesanan, garansi, bonus, penutup.

Nah selain beberapa hal diatas tentunya masih terdapat hal lain yang menentukan menarik tidaknya suatu sales letter. paLalu bagaimana caranya membuat sales letter yang dapat menarik minat pembeli? Berikut penjelasannya.

  1. Mencantumkan sales letter pada website profesional

Dengan memasang sales letter pada website yang profesional sudah pasti akan menarik minat pembeli untuk memperhatikan produk yang ditawarkan. Selain itu hal yang harus Anda lakukan adalah mencamtukan semua publikasi atau review mengenai produk yang Anda jual pada website profesional tersebut. Dengan menambahkan review dari berbagai pihak yang menyampaikan manfaat dan poin plus produk yang Anda jual tentunya akan membuat calon pembeli semakin yakin pada produk yang Anda tawarkan.

  1. Pasang foto sendiri di halaman sales letter

Apakah memasang foto sendiri pada halaman sales letter hal yang sangat penting? Iya. Dengan memasang foto sendiri maka kepercayaan calon pembeli akan semakin meningkat hal ini dikarenakan calon pembeli menganggap bahwa Anda merupakan orang yang bertanggung jawab dan tidak akan menghindar jika terjadi suatu kesalahan dalam kegiatan jual beli.

Nah berikut diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai manfaat dan bagaimana cara membuat sales letter yang baik. Sales letter tentunya bisa menjadi strategi yang sangat baik untuk meningkatkan keuntungan Anda dalam kegiatan bisnis. Karena sales letter akan berfungsi sangat penting untuk menarik perhatian calon pembeli maka dari itu Anda wajib untuk membuat sales letter yang sangat menarik. Selamat mencoba semoga sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *