Bagaimana Membuat Copywriting Produk Makanan?

Bagaimana Membuat Copywriting Produk Makanan?

Apakah Anda sedang merintis bisnis di bidang kuliner namun sejauh ini hasil yang Anda dapatkan belum sesuai dengan ekspektasi yang Anda perkirakan? Sudahkah Anda mencoba untuk menggunakan strategi promosi berupa copywriting?

Jika belum maka Anda wajib untuk mencobanya. Apa yang dimaksud  dengan copywriting? Copy writing merupakan suatu strategi pemasaran melalui suatu materi yang bertujuan untuk membujuk atau menarik minat pembeli supaya membeli sebuah produk atau suatu layanan yang ditawarkan

Terdapat banyak sekali alasan yang menyebabkan mengapa bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis di bidang kuliner wajib untuk mencoba melakukan strategi penjualan dengan copywriting. Karena seperti yang kita ketahui bahwa bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, karena itu tentunya akan ada banyak sekali persaingan.

Dan untuk saat ini tentunya belum banyak orang yang menggunakan media copywriting untuk melakukan promosi bisnis kuliner. Maka dari itu inilah saatnya bagi Anda untuk memulai karena dengan begitu Anda akan menjadi berbeda dengan yang lain dan menarik perhatian calon pembeli.

Bagaimana Cara Membuat Copywriting Produk Kuliner Yang Menarik?

Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan copywriting sebagai salah satu media untuk memasarkan produk kuliner yang Anda jual tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat copywriting produk makanan yang menarik. Tentunya Anda perlu membuat copywriting produk Anda dengan semenarik mungkin sehingga memunculkan rasa penasaran pada calon pembeli.

Lalu bagaimana caranya membuat copywriting produk kuliner yang menarik dan bisa memunculkan rasa penasaran pada calon pembeli? Berikut penjelasannya.

  1. Gunakan bahasa yang sederhana dan santai

Perlu Anda ketahui bahwa penjualan Anda akan meningkat jika Anda menawarkan produk dengan bahasa yang digunakan sehari-hari sesuai dengan target yang Anda tuju. Misalnya jika Anda berjualan di area jawa timur seperti surabaya maka akan sanat baik jika Anda menggunakan bahasa daerah yang sering digunakan sebagai obrolan di daerah setempat. Dengan begitu calon  pembeli akan merasa lebih familiar dengan produk kuliner yang Anda tawarkan.

Selain itu produk kuliner sendiri biasanya identik dengan kegiatan santai, acara keluarga maupun acara kumpul-kumpul lainnya. Untuk itu Anda bisa menambahkan kalimat yang berhubungan dengan beberapa hal ini, selain itu Anda juga bisa menambahkan sedikit candaan yang mudah dicerna dan sesuai dengan target pasar yang Anda tuju.

  1. Ciptakan bayangan calon pembeli mengenai produk kuliner Anda

Jika Anda menjual produk minuman yang segar seperti minuman dingin atau es maka jelaskan bagaimana proses pembuatan minuman ini. Jelaskan juga aroma yang tercium dari minuman ini bagaimana rasa segar ketika Anda meminumnya. Dengan menciptakan bayangan melalui tulisan tentu akan meningkatkan keingin calon pembeli untuk mendapatkan produk yang Anda tawarkan.

  1. Bangun interaksi dengan calon pembeli

Bagaimana caranya membangun interaksi dengan calon pembeli? Salah satu cara untuk membangun interaksi degan calon pembeli mengenai produk Anda adalah dengan cara memberikan cerita dibalik makanan atau minuman yang Anda tawarkan. bangkitkan emosi calon pembeli dengan cara menyampaikan sedikit cerita dan biarkan para calon pembeli juga berbagi tentang cerita mereka mengenai pada saat apa biasanya mereka membeli makanan ini? Apakah sebelumnya mereka sudah pernah mengkonsumsi makanan ini? Cara ini dapat dilakukan jika produk yang Anda tawarkan merupakan makanan atau minuman “legend” yang sudah ada sejak dulu dan terdapat banyak cerita didalamnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Keraguan Pengunjung Untuk Membeli Produk Yang Kita Tawarkan?

Setelah mengetahui bagaimana caranya membuat copywriting yang menarik untuk produk kuliner selanjutnya tentu Anda berpikir apakah cara diatas benar-benar efektif? Bagaimana jika setelah melakukan beberapa tips diatas masih terdapat keraguan pengunjung untuk membeli produk yang Anda tawarkan. nah berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghilangkan keraguan dan membuat pengunjung jadi semakin yakin untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

  1. Tunjukkan bukti nyata

Hal pertama yang bisa dan wajib untuk Anda lakukan adalah dengan menunjukkan bukti berupa testimoni maupun review. Tunjukkan bahwa produk makanan atau minuman yang Anda jual merupakan produk yang berkualitas dan hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya orang yang memberikan review dan meraas puas. Dengan cara ini sudah pasti akan meningkatkan rasa percaya calon pembeli pada produk kuliner yang Anda tawarkan.

  1. Tunjukkan otoritas Anda

Tunjukkan otoritas anda disini berarti adalah dengan menunjukkan sudah berapa lama Anda berada di bidang bisnis kuliner ini, bagaimana dan apa saja perkembangan yang terjadi selama  Anda menggeluti bisnis kuliner, apakah usaha Anda merupakan usaha yang sudah terpercaya dan memiliki banyak pelanggan ataukah bisnis ini merupakan bisnis kuliner yang baru Anda mulai.

  1. Tambahkan Bonus

Cara yang satu ini bisa dibilang merupakan cara yang paling efektif untuk menghilangkan keraguan calon pembeli dan meyakinkan mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Cantumkan nilai bonus yang Akan didapatkan oleh pembeli jika melakukan pembelian. Misalnya pembeli akan mendapatkan voucher sebesar Rp.50.000 jika melakukan pembelian kelipatan 3. Pada dasarnya konsumen akan tertarik membeli suatu produk jika mereka mendapatkan sesuatu yang terlihat lebih dari jumlah uang yang mereka bayarkan.

Nah beberapa hal diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan copywriting, bagaimana cara membuat copywriting di bidang bisnis kuliner yang menarik dan bagaimana cara menghilangkan keraguan calon pembeli. Bagi Anda yang sedang bergelu dibidang bisnis kuliner sudah pasti Anda wajib untuk mencoba melakukan promosi dengan menggunakan copywriting, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *