Buat Judul Tulisanmu “Memikat” dengan 7 Cara Ini

Menulis sesuatu rasanya kurang lengkap jika tidak membubuhkan judul sebagai pembuka, apalagi jika tulisan itu hendak dimuat di platform khusus atau kita berencana menerbitkannya. Akan tetapi bagi sebagian penulis, menentukan judul yang pas dan memikat justru lebih sulit dibandingkan dengan menyelesaikan tulisan itu sendiri. Bahkan terkadang tidak cukup satu dua kali merombak judul hingga mendapatkan satu judul yang dinilai paling sesuai. Beberapa trik berikut ini mungkin bisa membantu untuk membuat judul tulisanmu lebih menarik bagi para pembaca.

1) mencakup pesan atau isi tulisan

Salah satu cara untuk merangkai judul tulisan yang memikat pembaca yaitu dengan memastikan bahwa apa yang tertuang dalam tulisanmu terangkum dalam judul. Artinya, keseluruhan isi tulisan dapat disimpulkan dari judul itu sendiri, tanpa harus menyelesaikan bacaan terlebih dahulu baru memahami maksud judul yang tertera. Dengan begitu pembaca akan langsung tercerahkan tentang bahasan yang ingin kamu sampaikan dalam tulisan yang kamu buat, baik artikel, novel, atau jenis karya tulis lainnya.

2) buatlah judul lebih spesifik

Pernahkan kalian mengetik kata kunci yang spesifik di kolom pencarian peramban? Biasanya, setelah menekan tombol ‘enter’ akan ada beberapa hasil yang menunjukkan kemiripan dengan rangkaian keywords spesifik yang kamu gunakan, bukan? Nah, selain judul yang memuat keseluruhan isi tulisan, jenis judul yang menonjolkan suatu peristiwa atau hal tertentu yang dianggap penting dalam tulisan juga bisa menarik perhatian pembaca lebih cepat. Mencantumkan bagian inti dari tulisan yang kamu buat sebagai judul akan langsung mengarahkan pembaca pada pokok bahasan tertentu yang mereka cari.

Bandingkan contoh judul artikel yang berbunyi “Cari Ponsel Murah? Ini Dia Daftarnya” dengan contoh judul “5 Ponsel Untukmu yang Punya Budget 3 Juta Kebawah”. Judul pertama memang mencakup isi tulisanmu mengenai ponsel dengan harga murah, akan tetapi kurang spesifik. Seberapa murah sih, yang kamu maksud? Berapa rentang harga yang kamu anggap murah disini? Sedangkan pada judul yang kedua, pembaca langsung tahu bahwa artikel tersebut membahas ponsel yang dianggap murah dengan rentang harga yang lebih jelas.

Urgensi dua judul tadi terletak pada kata murah, yang menjadi suatu hal relatif bagi setiap orang. Definisi murah, dalam kasus ini bisa beragam dan ditentukan berdasarkan berbagai macam faktor pendukung lainnya. Ada orang yang menilai angka 5 juta kebawah sebagai harga yang murah untuk sebuah ponsel, tetapi ada juga yang merasa bahwa harga di atas 3 juta sudah termasuk range sedang. Maka dari itu, memberikan batasan yang lebih spesifik dalam judul tulisanmu akan membuatnya lebih menarik di mata pembaca.

3) selipkan kata kunci

Kata kunci memiliki peran penting saat membuat judul tulisan baik itu tulisan untuk konten blog, karya tulis ilmiah, cerita fiksi, maupun tulisan lainnya. Dalam karya tulis ilmiah, kata kunci biasanya merupakan pokok bahasan dari isi artikel. Keyword juga penting bagi tulisan fiksi karena bisa sebagai penunjuk genre atau tema cerita atau novel tersebut, atau penentu arah maupun “nuance” dalam keseluruhan cerita. Menyisipkan kata kunci dalam judul tulisan untuk konten blog juga bisa membuat artikelmu lebih memikat bagi pembaca. Apalagi biasanya pembaca lebih memilih untuk memasukkan kata kunci spesifik di kolom pencarian. Dengan menggunakan keyword yang tepat, judul tulisanmu akan lebih menarik perhatian.

4) perhatikan target pembaca

Memahami target pembaca untuk tulisanmu juga tak kalah krusial dalam proses membuat judul tulisan. Perhatikan isi atau bahasan dari tulisan yang kamu bawa, untuk siapa tulisan itu dibuat, topik apa yang menjadi pokok tulisanmu. Sebagai contoh, jika kamu menulis untuk anak-anak, buatlah judul yang sesuai dengan kemampuan pemahaman usia mereka dan jangan samakan dengan taraf pemahaman remaja maupun dewasa. Lalu ketika kamu menulis untuk golongan tertentu, seperti untuk penikmat seni misalnya, pilihlah rangkaian kata yang akan memikat mereka, sesuatu yang selaras dengan selera seni mereka dan mengundang untuk membaca.

5) gunakan permainan angka atau kata

Membubuhkan angka dalam judul tulisanmu juga menambah “rasa’“ tersendiri dan berpotensi untuk lebih memikat pembaca. Terutama untuk jenis tulisan seperti ini, yang berisi seputar tips, atau tulisan-tulisan tentang fakta unik maupun trivia. Tidak ada salahnya jika kamu mencantumkan angka tertentu disamping kata kunci spesifik di judul artikelmu. Selain itu, keberadaan angka dalam judul artikel akan memberikan nilai lebih pada kespesifikan tulisanmu, sampai sejauh mana atau berapa banyak poin yang ingin kamu sampaikan nantinya.

Permainan kata juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat judul tulisanmu lebih menarik dan memikat pembaca untuk menengok karyamu. Hal ini biasanya berlaku untuk jenis-jenis tulisan prosa, seperti novel atau cerita fiksi sejenisnya. Permainan kata seperti “Hati-hati dengan Hati” dan sejenisnya akan lebih menggelitik di mata para pembaca. Tapi perlu diperhatikan pula agar pemilihan kata dirasa cukup untuk membuat penasaran, namun tidak terlalu rancu.

6) amati panjang pendek judul tulisan

Panjang pendek judul tulisan bisa menjadi salah satu kunci yang berpengaruh terhadap engagement yang didapatkan oleh tulisan jika naskah tersebut merupakan postingan blog, artikel ilmiah yang dimuat di website tertentu, atau cerita yang diunggah di platform khusus. Selain itu, lagi-lagi juga perlu disesuaikan dengan target pembaca yang sudah disebutkan sebelumnya, agar lebih mudah diterima dan dicerna.

Memberikan judul panjang dan berbelit untuk sebuah cerita anak tentu tidak sesuai, bukan? Anak akan kesulitan memahami apa yang ingin disampaikan oleh cerita yang sebenarnya juga simpel. Begitu pula dengan judul artikel ilmiah, yang tidak mungkin jika hanya diberi judul yang terdiri dari satu-dua kata. Oleh karena itu, memilih judul tulisan juga perlu memperhatikan panjang pendeknya, serta sebisa mungkin disesuaikan dengan jenis teks atau isi tulisan yang ingin kita sampaikan.

7) cari inspirasi dari judul-judul yang sudah ada

Masih kebingungan untuk menentukan judul tulisanmu agar bisa lebih menarik? Cara lainnya yaitu dengan mencari inspirasi dari media-media lain, seperti internet. Amati judul berbagai tulisan dengan bahasan yang serupa untuk mengambil sedikit ide atau inspirasi dari sana. Kemudian, padu padankan dengan tips-tips penulisan judul yang sudah ada untuk mendapatkan judul yang diinginkan, tentunya yang pas dengan isi tulisanmu dan dianggap memikat bagi pembaca.

Intinya, menentukan judul tulisan tidak bisa sembarangan dilakukan begitu saja. Ada beberapa poing penting yang sebaiknya diperhatikan oleh para penulis sebelum menetapkan rangkaian kata yang dirasa paling tepat sebagai judul tulisan, yang akan menarik minat pembaca untuk menengok karya kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved