Catat 7 Tips Penting Ini saat Memilih Penulis Artikel yang Profesional

Catat 7 Tips Penting Ini saat Memilih Penulis Artikel yang Profesional

Seorang blogger atau pemilik website tertentu, belum tentu juga merangkap sebagai penulis konten di dalamnya, lho. Tahukah kamu, jika diluar sana banyak content writer atau orang yang menyediakan jasa menulis artikel untuk blog ataupun website? Biasanya, para penulis artikel ini ada yang membuka jasa hanya untuk tema-tema tertentu saja. Jika kamu sedang mencari jasa penulis yang tepat untuk artikelmu sebagai konten di blog atau website, mungkin kamu bisa memperhatikan tips-tips ini untuk memilih penulis yang profesional.

1) pastikan menguasai tema

Pertama kali yang perlu diketahui dari calon penulis artikel tersebut yaitu penguasaan si penulis akan tema yang kita berikan atau inginkan. Untuk mendapatkan artikel yang sesuai dengan keinginan, kita harus menemukan penulis yang sesuai dan dapat menjabarkan topik yang disediakan. Pastikan dulu bidang yang menjadi spesialisasi penulis tersebut, karena ada beberapa penulis yang hanya melayani penulisan artikel deengan tema-tema tertentu.

Profesionalitas seorang penulis artikel akan diuji salah satunya melalui cara ini, jadi pastikan bahwa calon content writer-mu benar-benar menguasai tema dan sesuai bidang. Lakukan diskusi secara detail dan menyeluruh tentang aspek-aspek yang kamu inginkan untuk ada dalam artikel itu. Hal ini seharusnya menjadi hal yang wajar dilakukan sebelum ada kesepakatan, sehingga kamu mantap sebelum melakukan deal.

2) portofolio yang dimiliki

Seorang penyedia jasa menulis artikel yang sudah lama terjun di bidang tersebut seharusnya memiliki kumpulan proyek sebagai portofolio. Melalui portofolio tersebut, klien bisa melihat secara langsung contoh-contoh pekerjaan yang telah diselesaikan, artikel-artikel yang sudah dimuat di situs-situs tertentu. Menilai kesesuaiannya dengan tema dan gaya yang menjadi permintaan konsumen, dan lain-lain.

Akan tetapi, seorang yang memiliki koleksi portofolio banyak belum tentu memiliki pelanggan yang banyak dan mendapatkan engagement yang tinggi terhadaap artikelnya, lho. Kamu bisa mengecek situs-situs yang memuat artikel yang pernah dibuat penulis tersebut, menilai dari berbagai macam aspek yang menurutmu penting diutamakan. Pastikan sesuai tidaknya dengan gaya yang ingin kamu bawa dalam konten blog atau website-mu nantinya.

3) pengalaman menulis

Pengalaman menulis seorang penulis artikel bisa dilihat dari berapa lama dia bergelut dengan pekerjaan itu sendiri, range topik yang dikuasai atau pernah dikerjakan, maupun untuk siapa penulis tersebut melakukan kesepakatan. Logikanya, jika penulis tersebut memiliki pemahaman luas mengenai berbagai macam tema, si penulis seharusnya lebih piawai menyajikan topik-topik tersebut. Bahkan jika pernah dipercaya oleh orang yang dianggap ‘penting’ atau mungkin pemilik blog/website yang sudah terkenal, setidaknya bisa dibilang memiliki nilai plus tersediri yang bisa meyakinkanmu untuk memilih penulis tersebut dibandingkan dengan yang lainnya. Tentunya juga dibarengi faktor-faktor penentu lainnya, ya. Karena pengalaman saja tidak cukup untuk menilai profesionalitas seorang penulis artikel.

4) kemampuan sebagai penulis artikel

Setelah melihat pengalaman seorang penyedia jasa menulis artikel, jangan buru-buru menentukan kesepakan dulu. Sebaiknya kamu memperhatikan lebih jauh kemampuan penulis tersebut dalam menyajikan tema yang diberikan. Penentuan judul artikel, gaya bahasa yang digunakan, kejelasan isi artikel yang ingin disampaikan, baik buruk susunan kalimat dalam artikel tersebut, dan lain sebagainya.

Lama tidaknya pengalaman seseorang sebagai penulis artikel tidak lantas menentukan bagus tidaknya kualitas artikel yang dibuatnya. Bisa jadi seorangmemiliki kemampuan medioker atau biasa saja meski sudah lama menjadi penulis atau memiliki portofolio beragam. Begitu juga sebaliknya, penulis yang baru sebentar terjun di dunia jasa penulisan artikel bisa saja lebih lihai dalam menangkap maksud dan keinginan pelanggan dan menuangkannya dalam artikel yang lebuh menarik.

5) attitude terhadap klien

Hal tak kalah penting lainnya yang perlu menjadi perhatian saat kamu memilih penulis yang profesional untuk mengerjakan konten blog atau website-mu yaitu attitude atau perangai dan sikapnya terhadap pelanggan. Aspek ini bisa dinilai dengan melihat sikapnya sejak tahap awal diskusi, cara penulis menyambut pelanggan baru, bagaimana si penulis membawa diri dalam pembicaraan, pilihan kata yang digunakan, dan lain sebagainya.

Sikap yang kruang ramah atau terlalu ngotot hingga sulit menerima masukan tentu saja akan menyulitkan proses diskusi, apalagi jika hal itu menyulitkanmu sebagai calon klien dalam menyampaikan hal yang kamu inginkan untuk ada dalam artikelmu. Saat hal ini terjadi, mungkin kamu perlu berpikir ulang sebelum menetapkan pilihan pada penulis tersebut.

Penulis artikel yang profesional, terlebih lagi jika menyediakan jasa sebagai content writer, seharusnya memiliki pemikiran yang terbuka sekalipun mungkin saja memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan calon kliennya. Disamping itu, cara berkomunikasi yang baik saat meyampaikan ketidaksetujuan atau usulan yang berbeda juga menjadi tolok ukur baik-buruk sikap si penulis. Sampaikan semua aspek yang diperlukan untuk mengetahui attitude penulis tersebut terhadap apa yang kamu inginkan ada dalam artikel itu nantinya.

6) ulasan pelanggan

Melihat ulasan pelanggan atau klien dari pekerjaan-pekerjaan sebelumnya juga bisa kamu lakukan jika memungkinkan, bahka bisa menjadi salah satu poin yang kamu utamakan dalam memilih calon penulis artikel yang profesional. Melalui review yang diberikan klien sebelumnya, kamu bisa menilai kualitas pekerjaan penulis, kemampuannya mengusung tema tertentu, atau bahkan attitude yang ditunjukkan dalam berbisnis sebagai jasa penulis artikel.

Seperti saat ingin membeli sesuatu secara online kamu pasti akan membandingkan prosentase ulasan yang baik dan menarik dengan penilaian yang buruk tentang produk tersebut sebelum memutuskan untuk memasukkan ke daaftar belanja atau bahkan check out, bukan? Begitu juga saat memilih penulis untuk mengerjakan artikel permintaanmu. Dari ulasan-ulasan tersebut kamu bisa tentukan apakah penulis tersebut sesuai dengan apa yang kamu butuhkan untuk mengerjakan apa yang kamu minta. Kamu juga bisa bertanya pada teman atau kenalan sesama blogger jika ada yang pernah memakai jasa penulis yang sama, lho.

7) melakukan perbandingan

Jangan ragu untuk melakukan perbandingan antara satu penulis dengan penulis lainnya. Dari sekian banyak jasa penulis artikel di luar sana pasti ada perbedaan yang bisa kamu temukan diantara penulis-penulis dengan kemampuan atau range tema yang sama. Tentukan hal apa saja yang kamu butuhkan untuk ada di artikel tersebut, kemudian lakukan cross-check antara satu penulis dengan yang lainnya, mana saja yang memenuhi kriteria yang sudah kamu buat sebelumnya. Dengan begitu, kamu lebih mudah dalam menentukan atau memilih penulis yang dinilai profesional untuk mengerjakan artikel yang kamu inginkan.

Kemantapan hati terhadap beberapa aspek tadi harus jelas sebelum kamu memilih penyedia jasa menulis artikel yang profesional. Jika masih ragu, pikir ulang dulu sembari melihat kandidat jasa penulis lainnya sebelum mantap untuk melakukan deal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 JagoArtikel.com | All rights reserved.