Contoh Artikel Kesehatan: Anak Harus Imunisasi saat Pandemi Corona? Ini Hal yang Wajib Diperhatikan Orang Tua

Banyak orang tua yang sekarang sangat ‘galau’ jika harus mengantarkan anaknya imunisasi saat Pandemi Corona. Seperti diketahui bahwa imunisasi sering harus dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan. Seperti misalnya rumah sakit, klinik, dokter anak, bidan, dan lain sebagainya. Ini artinya, orang tua harus membawa bayi atau balitanya ke tempat yang mungkin banyak kerumunan. Lalu, apakah jadwal imunisasi tersebut harus dilakukan atau sebaiknya ditunda saja?

Apabila anda adalah salah satu orang tua yang juga merasakan kekhawatiran yang sama, sebaiknya tak terlalu panic. Kuncinya adalah mencari referensi terpercaya mengenai imunisasi di tengah pandemic seperti sekarang. Salah satunya adalah informasi yang dilansir di halaman instagram resmi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Di sana disebutkan berbagai macam panduan tentang imunisasi saat pandemi corona seperti sekarang ini.

Misalnya saja imunisasi sebaiknya tetap dilakukan sesuai dengan tahapan usia. Selain itu, ada pula beberapa imunisasi yang wajib dan tak boleh ditunda. Misalnya saja imunisasi BCG, B0, Polio 0, serta imunisasi DPT+HIB+Hepatitis B1. Selain mengenai jenis imunisasinya, IDAI juga menghimbau agar rumah sakit atau fasilitas kesehatan memisahkan area antara bayi dan anak sehat. Jadwal bayi dan anak sehat harus dipisahkan areanya sehingga meminimalisir penularan penyakit.

Kebersihan area untuk bayi dan balita juga harus dibersihkan sesuai dengan prosedur pencegahan penularan infeksi yang berlaku. Yang juga direkomendasikan adalah sebaiknya memang dibuat sistem janji temu sehingga balita atau bayi yang akan diimunisasi dapat dilayani dengan tepat, begitu pula dengan anak yang lain. Bahkan, kini ada pula rumah sakit atau klink yang menawarkan layanan datang, vaksin, dan pulang. Sementara itu, konsultasi bisa diberikan secara online dari rumah masing-masing.

Imunisasi saat pandemi corona ternyata tetap aman dilakukan asalkan semua pihak mematuhi himbauan yang sudah dibuat oleh lembaga berwenang. Namun, memang ada beragam hal lain yang harus diperhatikan orang tua ketika ingin membawa anaknya untuk imunisasi. Apa sajakah hal hal yang wajib diperhatikan tersebut? Berikut ini adalah informasinya.

  1. Ketika orang tua tetap ingin menunda imunisasi, apa yang harus dilakukan?

Mungkin ada beberapa kondisi dimana orang tua ingin menunda imunisasi anak. Sebagai contoh misalnya orang tua yang takut untuk membawa anak ke rumah sakit. Untuk hal ini, sebaiknya anda tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis yang bersangkutan. Cara ini akan membuat orang tua mendapatkan informasi yang benar sehingga langkah anda tidak salah. Pasalnya, ada beberapa jenis imunisasi yang sebaiknya tetap anda lakukan bertepatan dengan jadwalnya. Di lain sisi, ada pula imunisasi yang sifatnya bisa ditunda terlebih dahulu. Untuk hal ini, dokter akan lebih memiliki hak untuk menjelaskannya.

  1. Memilih Rumah Sakit yang Tepat

Kunci lain dalam imunisasi saat pandemi corona adalah memiliki klinik atau rumah sakit yang tepat. Untuk hal ini memang orang tua harus sedikit cerewet mengingat semuanya demi kebaikan sang anak. Rumah sakit yang anda pilih adalah rumah sakit yang sebaiknya tidak terlalu ramai. Bukan karena sepi peminat, namun biasanya rumah sakit seperti ini mengatur jadwalnya dengan sangat baik. Sebagai contoh layanan untuk balita imunisasi dan anak sakit akan dibedakan. Selain layanannya, tempatnya pun akan dipisah.

Untuk hal ini, anda bisa meminta rekomendasi dari dokter atau menghubungi customer service dari rumah sakit yang anda tuju. Tips lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mendatangi rumah sakit atau klinik yang memang khusus untuk anak. Memilih rumah sakit seperti ini akan meminimalisir resiko untuk bertemu dengan terlalu banyak orang.

  1. Tetap lakukan social distancing dan minimalisir kontak dengan orang lain

Ketika anda sudah mantap untuk datang ke fasilitas kesehatan tertentu guna melakukan imunisasi, jangan lupa untuk tetap melakukan social distancing. Kini semakin banyak rumah sakit yang mempermudah usaha ini. Sebagai contoh mereka telah mengatur kursi di ruang tunggu agar memiliki jarak aman dan lain sebagainya. Langkah ini wajib untuk dilakukan guna keperluan imunisasi saat pandemi corona.

Selain itu, jangan lupa memakai masker dan usahakan untuk tak memegang sembarang benda yang ada di fasilitas kesehatan, terutama untuk benda yang banyak dipegang orang. Ajari anak untuk melakukannya dan agar tak memegang area wajah tentunya. Ketika imunisasi sudah selesai dilakukan, sesampainya di rumah jangan lupa untuk segera mencuci tangan dan mandi. Gantilah baju yang anda gunakan dan juga anak anda gunakan dengan baju bersih lainnya.

  1. Buat Janji Temu Terlebih Dahulu

Sekarang, sudah banyak sekali rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan berupa janji temu untuk melakukan imunisasi. Apabila rumah sakit pilihan anda juga menyediakannya, tak ada salahnya untuk menggunakan layanan tersebut. Hubungi pihak rumah sakit atau dokter guna melakukan janji temu untuk keperluan imunisasi saat pandemi corona. Biasanya, anda akan diarahkan untuk datang pada jam-jam tertentu. Ini artinya, ketika anda sudah sampai di tempat dokter praktek atau rumah sakit, anda tak perlu menunggu terlalu lama. Anda bisa langsung melakukan imunisasi untuk anak dan pulang.

Jika ingin berkonsultasi, maka konsultasilah seperlunya saja. Akan sangat membantu jika anda memilih klinik yang menawarkan layanan konsultasi secara online. Di Jakarta, sudah banyak klinik yang mempraktekkannya. Untuk dapat pelayanan secara online pun anda harus mendaftar terlebih dulu. Selain untuk konsultasi imunisasi, layanan online ini juga bisa dilakukan jika anak sedang sakit. Jadi, nantinya dokter anak akan menanyakan berbagai hal tentang kondisi anak dan meresepkan obat untuk anda beli di apotik. Mudah bukan?

  1. Selalu Jaga Kesehatan dengan Memperkuat Imunitas Tubuh

Ketika anak harus imunisasi saat pandemi corona perlindungan terbaik untuk dirinya tetap adalah imunitas dalam tubuh. Imunisasi pun merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan imun tubuh akan beberapa jenis penyakit. Selain itu, usahakan untuk tetap meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan cara selalu memberikan makanan bergizi dan vitamin jika diperlukan. Usahakan agar anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan perhatikan lingkungan sekitar.

Sebaiknya lingkungan anak harus bersih dan tidak berdekatan dengan orang yang sedang sakit. Langkah ini sangat ampuh untuk membuat anak tetap sehat meskipun di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, usahakan untuk tidak mengajak anak keluar rumah, kecuali jika sangat mendesak. Itupun sebaiknya anda tidak terlalu lama mengajaknya di luar rumah. Jangan lupa untuk mengenakan masker kain pada anak.

Melakukan imunisasi tetap penting karena inilah bekal kesehatan yang bisa berikan kepada anak. Untuk itu, tak usah terlalu khawatir ketika harus imunisasi saat pandemi corona. Yang penting anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter guna melakukan langkah yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai kak, Klik salah satu CS kami dibawah! kami akan merespon anda secepat mungkin

Chat Kami Sekarang