Ingin Artikel Terindex Google Dengan Cepat ? Ini Solusinya !

Menjadi bagian dari dunia blogging, tentu saja kamu tidak awam dengan kata SEO (Search Engine Optimization).  Penggunaan SEO dalam artikel bukanlah tanpa tujuan, namun justru akan membantu artikelmu berada di posisi teratas dalam mesin pencarian. Ada banyak keuntungan jika kamu di posisi ini, misalnya traffic artikel akan semakin  naik dan artikelmu mudah untuk ditemukan.

Namun jika artikel buatanmu masih sulit untuk ditemukan di hasil pencarian, bisa saja itu karena artikelmu tidak berhasil di index oleh Goole. Ada banyak alasan mengapa artikel tidak berhasil terindex oleh Google dan penyebab di setiap website pun berbeda – beda.

Penyebab Artikel Tidak Terindex Oleh Google

Ada beberapa penyebab mengapa artikel tidak bisa terindex oleh Google, diantaranya

  1. Konten artikel tidak bermutu dan mengandung unsur plagiat

Salah satu penyebab umum mengapa artikel menjadi sulit terindex oleh Google adalah konten artikel yang tidak orisinil atau hanya hasil jiplakan artikel lain yang menjadi sumber utama. Sudah menjadi rahasia umum, jika Google sangat membenci konten yang mengandung unsur copy paste. So hindari hal tersebut ya.

  1. Penggunaan backlink yang jelek

Apabila artikel di website sering terindikasi sebagai sebuah spam atau dibuat di platform yang tidak wajar, hal ini akan menyebabkan Google tidak bisa mengindex backlink yang ada karena kualitas yang rendah. Oleh karena itu, cobalah untuk memerika website atau blogmu, apakah terdapat tautan link spam yang mengarah ke situsmu. Jika ada, segera bersihkan.

Solusi Agar Artikel Terindex Google Dengan Cepat

Setelah kamu mengetahui penyebab artikel tidak bisa terindex Google, kini kamu harus mengetahui solusi untuk mengatasinya. Jika kamu seorang penulis artikel, tentunya hal ini sangat penting untuk kamu ketahui supaya artikel yang ditulis menjadi berkualitas.

  1. Tulislah artikel yang original dan berkualitas

Dalam menulis sebuah artikel yang hendak dipublish, kamu harus memastikan tingkat originalitasnya. Kamu tidak boleh membuat artikel yang hanya copy paste artikel lain, karena sudah pasti akan tersingkirkan dari mesin pencarian.

Dalam menulis sebuah artikel yang berkualitas, hendaknya kamu memilih sumber referensi yang bisa dipercaya. Buatlah artikel yang menggunakan gaya bahasamu sendiri dan tentunya informatif. Jadi riset sangat diperlukan di tahapan ini.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan struktur artikel yang baik hingga jumlah kata yang digunakan. Buatlah artikel dengan jumlah kata paling sedikit 600 kata. Semakin banyak jumlah katanya, maka akan semakin mudah diindex oleh Google.

 

  1. Rutin publish artikel

Selain membuat artikel berkualitas dan original, frekuensi publish artikel juga mempengaruhi kecepatan index Google lhoh. Semakin sering kamu publish artikel, maka Google akan mengidentifikasi website atau blog mu jika aktif. Hal ini akan mempermudah artikel untuk muncul di mesin pencarian.

 

  1. Buatlah backlink yang berkualitas

Tidak hanya konten artikel yang harus berkualitas, backlink pun juga harus berkualitas. Oleh karena itu, buatlah backlink yang memang memiliki korelasi dengan artikel atau tema website atau blogmu. Hindari backlink yang memiliki banyak spam ya, karena hal ini justru akan membuat artikel sulit terindex oleh Google.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk membuat backlink yang bagus, misalnya berkomentar di postingan artikel milik orang lain. Namun ingat jangan berkomentar negatif. Selain itu,kamu juga bisa memanfaatkan link internal yang bisa mengarahkan pembaca ke artikel lain di website atau blog yang sama.

 

  1. Cobalah untuk menginstall Google Analytics

Sebagai seorang konten kreator, kamu juga harus bisa memonitoring perkembangan dari website atau blog yang kamu punya. Di sini kamu bisa memanfaatkan Google Analytics dan menginstallnya di laptop. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan monitor sekaligus evaluasi terhadap traffic website.

 

  1. Cobalah menggunakan Google Seach Console

Cara lain yang bisa kamu gunakan supaya artikel bisa terindex Google dengan cepat adalah dengan menambahkan website atau blogmu ke Google Serch Console. Fasilitas Google ini akan membantumu untuk  melakukan monitoring terhadap kinerja website. Selain itu, kamu juga bisa melihat artikel yang paling populer dan sering dikunjungi dan keyword yang sering digunakan sehingga kamu bisa melakukan evaluasi terhadap artikel yang kamu buat.

Poin pentingnya, Google Serch Console ini akan membantumu untuk mengetahui intensitas Google dalam melakukan crawling di website dan melihat index yang error, yang bisa menurunkan peringkat artikel atau website.

 

  1. Jangan lupa perbaiki index yang error

Ketika kamu sudah mengetahui terdapat index error di websitemu, kamu harus segera memperbaikinya. Jika tidak, peringkat website akan semakin turun. Ada beberapa index error yang sering terjadi, misalnya server error, di mana server website error karena mengalami time out. Lalu not followed, di mana pihak Google tidak bisa mengidentifikasi tipe artikel yang ada di website atau blog. Serta 404 error, di mana Google tidak bisa mengakses halaman tersebut dan menjadi error.

 

  1. Gunakan kategori konten di website

Jika kamu sering mem-publish artikel, pastikan kamu selalu menempatkannya sesuai dengan jenis konten. Hal ini akan mempermudah Google untuk melakukan crawling terhadap websitemu.

Jika kamu belum membuat kategori artikel atau konten, maka segera buat. Pembuatan kategori konten ini akan membantu Google untuk mengidentifikasi berbagai halaman di website atau blog, terutama artikel yang memiliki topik yang sama.

Setelah mengetahui beberapa cara membuat artikel terindex Google dengan cepat, cara manakah yang akan kamu pilih? Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved