Ini dia Tips Cara membuat artikel SEO Friendly

Artikel adalah salah satu jenis konten yang sangat penting dan dibutuhkan untuk mengisi website.  Semakin banyak artikel yang dipublish, maka peringkat website akan semakin naik dan artikel mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google.  Oleh karena itu, kamu wajib untuk mempelajari bagaimana cara menulis artikel yang bagus dan sesuai dengan dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization).

Artikel SEO Friendly adalah artikel yang disukai oleh Google dan tentu saja memberikan manfaat bagi pembacanya. Untuk membuat sebuah artikel SEO Friendly kamu juga harus memahami bagaimana algoritma Google yang tentu saja selalu berubah – ubah setiap waktunya. Kali ini, simak beberapa hal penting yang bisa tentang cara membuat artikel SEO Friendly yang bisa kamu coba.

  1. Riset keyword

Langkah pertama dalam membuat artikel SEO adalah menemukan keyword yang sesuai dengan topik artikelmu. Keyword ini nantinya bisa kamu sisipkan di dalam artikel atau bisa juga digunakan oleh orang lain dalam mencari informasi yang sejenis dengan topik artikel.

Untuk mencari keyword, kamu bisa mencoba Google Trends. Di tools ini kamu bisa melihat ribuan hingga jutaan keyword yang digunakan semua orang ketika mencari informasi di Google search engine. Kamu juga bisa mecoba tools lain yang berguna untuk melihat seberapa sering suatu keyword digunakan dalam pencarian, misalnya semrush. Atau melihat variasi sebuah keyword dengan LSI Keyword.

 

  1. Konten yang berkualitas

Sudah dijelaskan di awal, jika artikel SEO adalah artikel yang bisa memberikan informasi kepada pembacanya. Oleh karena itu Google sangat menyukai artikel SEO Friendly. Sejauh ini, Google selalu memberikan penilaian yang baik kepada artikel yang bisa menjawab kebutuhan pembaca.

Sebelum memulai menulis artikel, pastikan kamu menulis artikel yang bisa menjawab suatu pertanyaan yang memicu sebuah masalah. Dengan cara ini, pembaca akan memberikan feedback yang baik karena sudah membantu sehingga Google bisa merekomendasikan artikelmu di pencarian lainnya.

 

  1. Buatlah judul yang unik

Ketika mencari sebuah artikel, hal pertama yang dilihat pasti judul. Judul memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan nasib artikel. Jika judul menarik, pembaca akan dibuat penasaran dengan isi artikel.

Untuk membuat sebuah judul artikel, kamu perlu merangkai kata – kata yang bisa mewakili isi artikel. Jangan membuat judul artikel yang terlalu pendek atau pun panjang. Buatlah judul yang menarik, mudah dipahami, dan tentunya menimbulkan rasa penasaran. Judul artikel bisa kamu kemas dalam bentuk sebuah pertanyaan atau pun pernyataan.

 

  1. Perhatikan struktur artikel

Setelah judul, kamu harus memperhatikan struktr artikel. Mulai dari pembuka, isi, dan penutupnya. Kamu harus bisa membuat artikel yang hanya fokus pada satu topik dan tidak keluar dari topik itu. Jika dirasa masih sulit, kamu bisa menggunakan teknik 5W+1H.

Selain itu, dalam menulis artikel, kamu bisa menggunakan teknik piramida terbalik. Di mana bagian atas artikel berisi dari gambaran umum artikel atau inti. Kemudian semakin ke bawah, dilanjutkan dengan penjelasan topik secara mendetail. Di akhir artikel, kamu bisa membuat satu kesimpulan dari artikel tersebut.  Jika isi artikel berupa sebuah panduan tentang sesuatu, kamu bisa menggunakan bullet list.

 

  1. Gunakan heading dan subheading

Secara sederhana, heading dan subheading bisa disamakan dengan judul utama dan sub judul yang akan membagi artikel menjadi beberapa poin. Penggunaan 2 elemen ini bisa membantumu dalam optimalisasi artikel.

 

  1. Maksimalkan penggunaan gambar

Penggunaan gambar di dalam artikel bisa menarik minat pembaca untuk stay lebih lama di halaman suatu website. Selain itu, gambar ini juga salah satu trik untuk memaksimalkan SEO.

Dalam menyisipkan gambar ke dalam artikel, kamu harus memperhatikan ukuran gambar karena akan mempenagruhi waktu loading suatu halaman. Semakin lama load time, maka nilai website dari Google akan semakin buruk dan peringkat semakin turun.

 

  1. Gunakan link internal dan eksternal

Sebuah artikel SEO friendly juga sering menggunakan link internal atau pun eksternal. Link internal adalah sebuah tautan yang bisa membawa pembaca ke artikel lain di dalam wabsite yang sama. Kamu bisa menyisipkan link internal ini ke dalam anchor teks atau rekomendasi artikel di bawah artikel yang kamu tulis.

Sedangkan link eksternal adalah tautan yang bisa membawa pembaca ke halaman artikel di website lainnya. Link ini bisa berupa artikel atau pun sebuah data penelitian. Cara ini bisa membuat pembaca semakin yakin dengan kualitas artikel, karena kamu tidak segan – segan membagikan referensi link yang kamu gunakan dalam membuat artikel.

 

  1. Perhatikan tulisan artikel

 

Jumlah kata dalam 1 kalimat hingga jumlah kalimat dalam satu paragraf pun perlu diperhatikan dalam membuat artikel SEO Friendly. Sebuah artikel yang baik akan menggunakan paling banyak 20 kata dalam satu kalimat dan paling banyak 5 kalimat dalam 1 paragraf.

Hal ini bertujuan untuk membuat artikel terlihat padat, singkat, dan jelas. Namun kamu juga harus ingat untuk selalu memastikan bahwa tulisan tersebut bisa menyampaikan maksud atau inti artikel dengan jelas.

 

  1. Perhatikan suntingan artikel

Artikel SEO friendly sudah jelas memiliki tata bahasa yang baik dan layak untuk dibaca. Oleh karena itu, pastikan artikel yang kamu buat sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Berlaku atau EYD dan harus bebas dari typo. Selain itu, pastikan artikel tersebut bisa dipahami oleh pembaca.

 

Demikianlah beberapa cara membuat artikel SEO friendly yang bisa kamu coba. Kamu harus ingat jika algoritma Google akan selalu berkembang sehingga akan turut mempengaruhi tatanan SEO. Jadi terus belajar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved