Mulai Belajar Menulis? Intip Tips-Tips berikut Agar Cepat Terbiasa

Bagi teman-teman yang suka membaca, diantara kalian pasti pernah, dong, tergelitik untuk menulis atau muncul keinginan untuk mencoba menulis semacam hal-hal yang sering kalian baca. Tapi pasti ada keraguan tersendiri saat ingin memulai, apalagi bagi yang mulai belajar atau masih pemula. Ada rasa takut kalau hasil tulisanmu nanti tidak seperti yang sering kamu baca, ada yang kesulitan merangkai kalimat agar menjadi cerita yang kohesif karena belum terbiasa, ada pula yang kebingungan hendak mulai dari mana.

Tenang saja, kalian tidak sendiri kok. Sebagai penulis pemula, merasakan semua hal itu wajar dan pasti pernah juga dialami para penulis yang sudah lama bergelut di bidang menulis, atau yang sekarang sudah tenar. Kamu bisa menerapkan tips-tips berikut ini saat mulai belajar menulis agar lebih cepat terbiasa.

1) menulis di buku harian

Siapa yang pernah menulis di buku harian? Beberapa dari kita mungkin ada yang pernah terbiasa menulis buku harian saat kecil. Bagi yang belum pernah, cara ini bisa dicoba untuk membiasakan diri merangkai kalimat dan menyusunnya ke dalam sebuah cerita. Jangan ragu, tulis saja apa yang terlintas di pikiran tentang peristiwa hari itu, tentang hal menyenangkan yang kamu lakukan, bahkan kamu bisa menumpahkan uneg-uneg di buku harian tanpa takut bocor ke siapapun. Tapi jangan kaget kalau awalnya terasa kaku atau kikuk, dan jangan berhenti karena nanti sedikit demi sedikit pasti akan terbiasa.

2) rutin dan disiplin

Rutin dalam artian kamu melakukannya sesering mungkin, dan disiplin dalam artian kamu menyediakan waktu khusus setiap hari. Rutin menulis menulis bisa menjadi suatu cara efektif agar cepat terbiasa dalam merangkai kata-kata. Kamu tidak harus melakukannya di waktu yang sama tiap harinya, cukup sediakan rentang waktu yang fleksibel dan bisa kamu lakukan kapan saja. Selain itu menerapkan target seperti 50 kata pehari sebagai awalan bisa membantumu terbiasa dengan tulis menulis. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa meningkatkan target yang ingin kamu capai nantinya untuk lebih memotivasi.

3) tulis tentang hal yang disukai

Menulis hal-hal yang kamu sukai juga bisa membantu membiasakan diri untuk menyusun cerita, lho. Coba ingat-ingat apa saja hal yang kamu sukai, kemudian kamu bisa memilih salah satunya untuk dijadikan tema atau ide tulisan. Misal kamu suka musik, kamu bisa menulis tentang genre musik favoritmu, lagu kesukaan, grup musik yang kamu sukai, dan lain sebagainya. Atau kamu penggemar K-Pop seperti yang marak belakangan ini? Kamu juga bisa kok, menulis apa yang membuatmu tertarik pada musik pop dari Negeri Ginseng tersebut. Tulislah seperti halnya kamu bercerita kepada teman atau orang lain, seolah kamu “curhat” tentang hal yang kamu sukai itu. Jika rutin melakukannya, kamu akan cepat terbiasa menyusun kalimat dan terlatih menulis cerita nantinya.

4) mengikuti trend yang ada

Berlatih menulis menggunakan trend yang ada saat ini sebagai tema tulisan juga bisa membantu, lho. Memperhatikan trend untuk dituangkan ke dalam suatu tulisan akan mengasah kemampuan berdeduksi dan mengutarakan pendapat melalui tulisan. Dengan begitu, kamu tidak cepat kehabisan bahan untuk dijadikan sebagai tema menulis dan selalu memiliki hal baru untuk dieksplorasi melalui tulisan.

5) sediakan catatan

Selain buku harian, membuat catatan khusus untuk membangun kebiasaan menulismu juga merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu pilih. Sediakan buku catatan kecil yang bisa kamu bawa kemana saja, atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone-mu untuk melakannya. Cara ini memungkinkanmu untuk menulis kapan pun dan dimanapun yang kamu mau, di sela-sela kegiatan sehari-hari lainnya, sekaligus memenuhi kuota waktu menulis yang sudah kamu tentukan sebelumnya tanpa mengganggu aktivitas. Catatan ini juga bisa kamu gunakan sebagai bank ide lho. Kamu bisa tuliskan ide-ide menulis yang muncul saat sedang melakukan kegiatan lain, agar kamu tidak lupa untuk menulisnya nanti.

6) buat wadah khusus untuk tulisanmu

Saat ini banyak cara yang bisa kamu pakai untuk mewadahi tulisan-tulisanmu. Jika menulis di buku harian dirasa kuno, kamu bisa memakai media lain seperti komputer, yang nantinya kamu bisa menyimpan file tulisan di folder khusus atau di flashdisk. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan online platform seperti blog, atau media sosial seperti Instagram, Twitter atau lainnya yang bisa kamu buat sebagai akun private jika kamu tidak ingin apa yang kamu tulis dibaca orang lain.

7) perbanyak membaca

Semakin sering kamu membaca, semakin banyak pula informasi yang kamu serap untuk mendukung kegiatan menulismu. Bacalah hal-hal yang berkaitan dengan menulis, seperti genre, bentuk karya tertentu seperti novel atau puisi, dan berbagai macam tips soal menulis suatu cerita yang bisa kamu temukan melalui peramban internet. Jangan ragu untuk mengikuti dan mencari tahu mengenai penulis-penulis ternama untuk mendapatkan tips atau mencontoh kebiasaan menulis mereka.

8) meminta pendapat orang lain

Sebagai seseorang yang mulai belajar untuk membiasakan menulis, mengetahui pendapat orang lain tentang tulisan kita menjadi hal cukup penting untuk mengetahui sejauh mana kita berkembang. Kamu bisa meminta teman atu orang-orang terdekatmu untuk membaca hasil tulisanmu jika mereka bersedia. Selain itu, kamu bisa bergabung dengan forum atau komunitas menulis yang banyak ditemukan secara online. Kamu bisa menemukannya di media sosial, atau platform khusus untuk penulis seperti Wattpad, yang memungkinkan untuk mendapat feedback secara langsung dari pembaca.

9) jangan takut untuk mencoba ataupun gagal

Salah satu kunci agar cepat terbiasa sebagai penulis pemula adalah untuk selalu mencoba dan terus mencoba. Jangan takut untuk mengeksplorasi berbagai macam tema, genre, dan gaya menulis sampai menemukan formula yang tepat dan kamu nikmati. Selain itu kamu juga tidak perlu takut gagal, jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk tetap berkarya dan tidak berputus asa, begitu pula dengan kritik pembaca. Perhatikan kritik membangun yang bisa kamu ambil sebagai pembelajaran, abaikan yang sekiranya berlebihan dan hanya terkesan menurunkan semangat.

Membiasakan menulis memang bukanlah hal yang bisa dilakukan seketika, namun bukan berarti menulis menjadi kemampuan yang tidak bisa dikuasai. Butuh waktu dan kesabaran serta disiplin terhadap diri sendiri agar cepat terbiasa dalam menulis. Kemauan untuk terus belajar yang diiringi dengan semangat dan tidak takut gagal juga menjadi faktor pendukung lainnya. Kuncinya, nikmati prosesmu dan jangan lakukan dengan terpaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

JagoArtikel.com jasa penulis artikel SEO, jasa penulis review, rewrite artikel, Press release, Sales latter, jasa penulisan konten web, jasa posting blog, jasa penerjemah.

© 2021 JagoArtikel.com. All rights reserved