Tips Membuat Landing Page Yang Memikat Pembaca

Tips Membuat Landing Page Yang Memikat Pembaca

Apakah Anda sedang menjalankan bisnis online namun hasil yang Anda dapatkan kurang memuaskan? Pernahkah Anda mencoba untuk menggunakan landing page? Jika Anda memiliki bisnis online namun belum memiliki landing page maka Anda akan sangat rugi. Karena perlu Anda ketahui bahwa landing page akan sangat mempengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda adalah seorang pebisnis online.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan landing page? Landing page merupakan suatu halaman yang terdapat pada website yang didesain khusus dengan tujuan sebagai marketing. Terdapat  banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan landing page karena landing page sudah pasti lebih efektif untuk meningkatkan engagement user.

Apa Saja Jenis Landing Page?

Selanjutnya landing page sendiri secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu lead generation landing dan dan click through landing page, berikut penjelasannya.

  1. Lead generation landing

Lead generation landing merupakan laman yang berfungsi untuk mengumpulkan data calon pembeli. Data pembeli akan terkumpul pada lead generation landing yang umumnya berupa nama dan alamat email. Kemudian nama dan alamat email akan disimpan dengan tujuan untuk membangun hubungan dengan calon pembeli. Dengan adanya nama dan alamat email calon pembeli Anda bisa membangun hubungan dengan cara berbagi artikel yang berhubungan dengan produk yang Anda tawarkan, memberikan berbagai macam info mengenai promo dan diskon yang ada dan lain sebagainya.

  1. Click through landing page

Jenis landing page yang kedua yaitu click through landing page, ini merupakan suatu laman yang biasanya ditampilkan hanya dengan menggunakan satu tombol sederhana. Pada tombol ini biasanya terdapat tulisan seperti “beli sekarang”, “shop now” dan beberapa tulisan  lain yang sejenis. Laman seperti ini biasanya berguna untuk membuat calon pembeli melakukan pembelian pada website tersebut.

Kriteria Landing Page yang Menarik

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis landing page selanjutnya hal yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara membuat landing page yang menarik. Apa saja kriteria landing page yang menarik, secara umum landing page bisa menjadi menarik karena tampilannya dan bisa juga menarik karena penawaran yang diberikan. Berikut merupakan beberapa kriteria landing page yang menarik.

  1. Kombinasi warna yang menarik

Tentu Anda harus bisa menciptakan kombinasi warna yang menarik bagi landing page yang Anda buat selain itu kombinasi warna juga harus tepat untuk menarik sesuai dengan sasaran. Warna merupakan salah satu aspek yang paling penting bagi suatu landing page. Anda harus mampu untuk menyesuaikan kombinasi warna yang baik sehingga tidak membuat mata pembaca sakit.

  1. Gunakan ilustrasi gambar yang mendukung

Kriteria kedua yang harus ada dalam landing page adalah adanya ilustrasi gambar yang menarik dan mendukung produk yang Anda tawarkan. Perlu Anda ketahui bahwa umumnya pesan melalui gambar akan lebih mudah diterima dibandingkan dengan pesan yang disampaikan secara tertulis.

Selain itu dengan adanya gambar tentu akan membuat calon pembeli lebih tertarik dibandingkan dengan laman yang hanya penuh dengan deskripsi tulisan. Dan gambar yang sangat wajib Anda gunakan adalah produk itu sendiri dan gambar lain yang bersangkutan seperti persentase penjualan produk dan lain sebagainya.

  1. Responsif

Kriteria selanjutnya yang juga sangat penting supaya landing page Anda termasuk kedalam kriteria menarik adalah responsif. Anda harus berusaha untuk secepat mungkin menanggapi jika ada calon pembeli yang penasaran atau bertanya tentang produk yang Anda tawarkan.

Tips Membuat Landing Page Yang Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai beberapa kriteria landing page yang menarik lalu bagaimana cara membuat landing page yang berkesan dan menarik bagi para pembaca? Berikut merupakan beberapa tips membuat landing page yang akan memikat pembaca.

  1. Buat landing page yang rapi

Tips pertama dan yang pasti harus Anda lakukan adalah membuat landing page yang rapi dan tidak berantakan. Buatlah landing page Anda dengan berisi informasi yang singkat, padat dan jelas tidak dengan terlalu banyak basa-basi atau tambahan. Gunakan headline yang menarik dan masukkan informasi yang penting seperti manfaat produk, harga produk, penawaran atau promo yang ada pada produk yang Anda tawarkan.

  1. Gunakan tombol call to action yang jelas

Call to action atau CTA merupakan suatu tombol instruksi yang memiliki tujuan supaya pengunjung laman melakukan reaksi secara langsung. Pada tombol CTA biasany terdapat instruksi seperti “beli sekarang” dan lain sebagainya. Anda harus membuat tombol CTA dengan menarik dan tentunya eye catchy hal ini dinilai sangat efektif untuk mendorong calon pembeli mengambil penawaran yang Anda berikan.

  1. Sediakan formulir yang singkat

Hal yang Anda butuhkan dari calon pembeli tentu hanya nama dan alam email maka hindari untuk memberikan formulir yang sangat panjang atau sangat rinci. Karena tujuan utama Anda adalah untuk mendapatkan email supaya bisa membangun hubungan dengan calon pembeli untuk membagikan berbagai promo dan diskon yang ada.

Nah setelah sedikit penjelasan diatas mengenai apa yang dimaksud dengan landing page, apa saja kriteria yang harus dimiliki supaya landing page jadi menarik dan beberapa tips untuk membuat landing page menjadi menarik sudahkah anda berminat untuk membuat landin page Anda sendiri? Jika iya maka itu merupakan hal yang sangat bagus semoga artikel ini sangat membantu Anda dalam proses pembuatan landing page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 JagoArtikel.com | All rights reserved.