Tips Menentukan Judul Artikel yang Menarik dengan Mudah

Tips Menentukan Judul Artikel yang Menarik dengan Mudah

Judul sebuah artikel merupakan komponen yang bisa menjadi penentu engagement artikel yang kamu tulis. Melalui judul sebuah artikel, pembaca akan menentukan seberapa rasa penasaran mereka terhadap artikel tersebut, seberapa penting isi dari konten blog atau website milikmu, dan seberapa eye-catchy atau menariknya judul artikel itu sendiri. Para blogger atau content writer perlu tahu apa saja yang harus diperhatikan untuk menentukan judul yang menarik. Jika kamu masih bingung, tak ada salahnya kamu mencoba beberapa tips berikut.

1) riset keyword

Melakukan riset kecil untuk mendapatkan keyword atau kata kunci yang tepat dan sesuai sehingga bisa meningkatkan engagement artikelmu bisa kamu lakukan sebagai salah satu upaya untuk menentukan judul yang menarik. Pelajari judul-judul yang sudah ada dengan keyword yang sama, amati traffic kunjungan artikel tersebut jika memungkinkan. Kamu juga bisa memperhatikan penempatan keyword dalam judul tersebut, catat mana saja yang lebih ‘memancing’ pembaca untuk mengunjungi artikel-artikel dengan topik dan kata kunci serupa.

2) ramah SEO

Penggunaan kata kunci yang ramah SEO atau yang bisa mengoptimalkan pencarian melalui peramban/mesin pencari bisa juga menjadi langkah yang diambil dalam menyusun judul artikel. Hal ini akan memperbesar peluang artikel blog milikmu muncul ketika susunan kata kunci tertentu dimasukkan ke dalam browser. Pelajari apa itu SEO, bagaimana sebuah artikel bisa disebut ramah SEO, dan hal-hal yang berkaitan lainnya untuk diterapkan dalam menulis artikel dan tentunya, membuat judul. Melalui cara ini, artikel yang kamu tulis akan menerima engagement lebih tinggi karena pembaca lebih dahulu tertarik dengan judul yang kamu tampilkan.

3) teknik 4U

Mungkin tidak semua orang tahu istilah ini, dan untuk blogger atau penulis artikel, empat hal berawalan huruf ‘U’ ini patut menadapatkan perhatian lebih jika kamu ingin membuat judul yang menarik. Keempat hal itu yaitu useful, urgent, unique, dan ultra-spesific.

Salah satu kriteria judul artikel menarik bisa dilihat dari manfaat yang ditunjukkan dari judul yang tertera. Pastikan bahwa pembawa menangkap maksud yang ingin kamu sampaikan, bahwa artikel milikmu itu akan membawa manfaat bagi pembaca. Kemudian tekankan melalui judul bahwa artikelmu ini memiliki urgensi yang perlu menjadi perhatian pembaca, judul yang menunjukkan jika informasi yang kamu berikan penting dan pembaca perlu tahu.

Selain itu, keunikan judul juga bisa menarik perhatian pembaca untuk menengok artikelmu, lho. Buat judulmu unik dan berbeda dengan yang biasanya, gunakan kata-kata yang menonjolkan bahwa artikelmu ini berbeda dengan yang lain. Gunakan keyword yang lebih spesifik untuk judul artikelmu agar terlihat lebih menarik, to the point terhadap apa yang dibahas sehingga orang tergiur untuk membaca. Seperti istilah ultra-specific itu sendiri, kamu bisa membuat judul yang menunjukkan hal yang paling spesifik dari apa yang menjadi topik artikel yang kamu publikasikan.

4) faktual vs viral

Tentukan jenis bahasan seperti apa yang ingin kamu sajikan dalam konten blog atau situs web milikmu. Masing-masing punya daya tarik tersendiri dan yang menentukan menarik atau tidaknya judul artikelmu di mata pembaca adalah keselarasan judul dengan fokus bahasan artikelmu. Baik itu topik yang sedang ramai dibicarakan maupun sesuatu yang faktual, jangan sampai judul dan isi artikelmu berbeda jauh, ya.

Jika tentang sesuatu yang viral, biasanya sudah banyak penulis atau blogger yang mengangkat hal yang sama. Sehingga kamu harus pintar memilih sudut pandang atau aspek yang berbeda untuk dibahas. Begitu juga dengan topik yang faktual, pandailah mencari celah atau bagian dari topik tersebut yang belum diangkat oleh blogger atau penulis artikel lainnya. Setelah itu, pemilihan kata-kata untuk judul bisa diselaraskan dengan isi artikel dengan memperhatikan teknik 4U yang sudah disebutkan sebelumnya.

5) bubuhkan kata sifat

Menambahkan kata sifat bisa kamu terapkan dalam judul artikel yang ingin kamu tulis agar lebbih menarik. lstilah yang berkaitan dengan proses mental atau emosional, seperti ‘menyenangkan’, ‘mengejutkan’, ‘menarik’, dan contoh-contoh lainnya akan menambah warna dan memberikan tone atau emosi pada judul artikelmu, sehingga tidak terkesan datar dan biasa saja.

Antara judul artikel yang sekedar berbunyi “cara menurunkan berat badan” dengan judul artikel seperti “cara asyik menurunkan berat badan”, biasanya pembaca akan lebih tertarik pada judul yang kedua. Judul tersebut cukup mengundang rasa penasaran pembaca, ‘apa sih, yang membuatnya asyik?’ atau ‘apa saja kiat yang dibilang “asyik” itu?’. Maka dari itu menyisipkan kata sifat yang sesuai perlu kamu coba saat memilih judul.

6) perbandingan objektif

Tidak selamanya membandingkan itu buruk, bukan? Pada saat-saat tertentu kita bahkan selalu dihadapan dengan perbadingan-perbandingan baik dari hal sepele sampai sesuatu yang memiliki dampak lebih besar dalam kehidupan kita. Dalam penulisan judul artikel, secara terus terang menunjukkan perbandingan bisa membuat artikelmu lebih dilirik pembaca. Hal ini memberikan pembacamu tolok ukur yang berkaitan dengan apa yang kamu tulis di dalam artikel. Tentu saja kamu harus memperhatikan kesetaraan atau menggunakan perbandingan yang relevan dan bukan sesuatu yang bersikap objektif.

Misalnya judul yang berbunyi “jeruk dan jambu biji, mana yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi?” lebih bisa menyajikan informasih yang objektif dibandingkan judul artikel yang berbunyi “mana yang lebih enak: jeruk atau jambu biji?” yang memiliki argumen bersifat objektif. Atau kamu bisa saja menggunakan judul yang bernuansa subjektif seperti “ponsel X dan ponsel Y, mana yang lebih bagus?” kamu bisa menyediakan aspek-aspek yang menjadi perbandingngan yang tentunya lebih objektif daripada sekedar “bagus” saja.

7) sediakan pilihan

Sebelum menentukan judul artikel yang menarik, tentunya kamu perlu menyediakan ‘pilihan’ itu sendiri. Alih-alih buru-buru memposting artikel dengan judul tertentu, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk mencoba menyusun beberapa alternatif judul yang akan disematkan pada artikelmu. Bermainlah dengan susunan kata untuk beberapa calon judul tersebut, perhatikan posisi keyword pada tiap rancangan judul. Setelah itu kamu bisa lihat manakah yang sekiranya paling pas dan berpotensi menarik perhatian pembaca untuk menengok artikel milikmu. Jika perlu tanyakan pendapat orang-orang terdekat untuk melihat sudut pandang yang berbeda denganmu sebagai penulis artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 JagoArtikel.com | All rights reserved.