Contoh Artikel Lingkungan: 8 Tips Mengurangi Sampah Plastik Dilingkungan Rumah Dengan Cepat

Contoh Artikel Lingkungan: 8 Tips Mengurangi Sampah Plastik Dilingkungan Rumah Dengan Cepat

Pusing melihat sampah plastik menumpuk di sudut rumah kamu? Itu tandanya kamu sudah mulai harus memikirkan bagaimana tips mengurangi sampah plastik secara cepat tapi tepat! Memang, sampai saat ini penggunaan plastik masih sangat sulit dihindari karena sudah merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Bayangkan jika plastik menumpuk di lingkungan kita hingga menggunung karena plastik sangat sulit untuk diurai. Akan   memkanbutuh puluhan bahkan sampai ratusan tahun mengurainya secara alami. Bahkan sampah plastik ini jika didiamkan di lingkungan tempat tinggal kamu akan menjadi senjata makan tuan karena dapat mengancam kesehatan serta keseimbangan lingkungan sekitar kita.

Tips Mengurangi Sampah Plastik Cepat dan Tepat

Memang pada awalnya akan sulit untuk mengurangi penggunaan plastik atau puasa plastik dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan plastik seolah sudah menjadi gaya hidup kita karena sekecil apapun belanjaan yang sedang kita tenteng pasti harus menggunakan plastik.

Jadi, kalau kamu sayang dengan lingkunganmu atau dengan bumi ini, yuk segera rubah gaya hidup kamu dengan tidak bergantung pada plastik. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan rumah kamu, ini tipsnya.

  1. Beralih Membawa Tas Permanen

Tas permanen ini selain sekarang banyak dijual juga bisa kamu buat sendiri loh. Bentuk, ukuran, atau motifnya bisa disesuaikan dengan selera kamu. Jadi, kalau kamu mau belanja ke pusat pertokoan atau ke pasar kamu bisa menenteng tas permanen ini. Tas permanen ini karena terbuat dari kain jadinya bisa lebih awet. Malah menggunakan tas permanen ini lebih gampang dan nggak bikin sampah plastik numpuk di rumah kamu.

  1. Kurangi Beli Makanan dan Minuman Kemasan

Selain baik untuk kesehatan, mengurangi mengomsumsi makanan dan minuman dalam kemasan plastik juga bisa mejaga lingkungan rumah kamu. Jadikan kebiasaan membawa minuman dan makanan dengan menggunakan kemasan atau botol yang bisa digunakan berulang. Lagian, membawa minuman dan makanan sendiri tentunya lebih terjamin dari sisi kesehatannya.

  1. Menerapkan Konsep 3R

Sampah plastik masih ada di rumah? Segera gunakan imajinasi kamu untuk meng-3R (reduce, reuse, dan recycle) kan sampah plastik di rumahmu. Banyak sampah plastic yang bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan benda lain yang bernilai ekonomi di rumah kamu. Misalkan kamu bisa berkreasi dengan botol plastik bekas air mineral menjadi pot gantung biar rumahmu menjadi lebih asri.

  1. Membawa Sedotan Pribadi

Sedotan plastik memang sepertinya barang sepele, tapi bayangkan kalau yang menggunakannya dalam sehari sudah ratusan bahkan ribuan! Jadi, sebaiknya mulai sekarang di dalam tas pribadi kamu sudah tersedia sedotan permanen pribadi yang terbuat dari besi. Keunggulan sedotan ini selain hanya boleh kamu yang meggunakan juga bisa di cuci kembali sehingga bisa digunakan kembali.

  1. Mengurangi Penggunaan Tisu Basah

Walaupun dengan alasan untuk kesehatan, tapi sebaiknya bijaksanalah dalam menggunakan tisu basah. Alasannya karena ternyata tidu basah tidak bisa larut di dalam air karena bahan bakunya yang ternyata adalah resin plastik. Jadi ada baiknya kalau kamu membiasakan diri seperti jaman dulu saat kita sekolah yang selalu membawa saputangan.

  1. Gunakan Produk Kemasan Kaca Atau Kertas

Produk-produk yang menggunakan kemasan kaca atau kertas bisa lebih ramah lingkungan loh. Bekas kemasan kacanya biasanya dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya. Nah, kalau kertas sudah terbukti merupakan bahan yang gampang larut di dalam air jadi kesimpulannya kertas  bisa lebih ramah lingkungan ya.

  1. Mengurangi Jajan

Memang kalau melihat jajanan yang ada terihat menggiurkan. Apalagi junk food yang dikemas dengan menggunakan plastik dengan desain yang lucu dan unik. Padahal kalau kamu sering jajan membeli makanan atau minuman yang dikemas plastic itu artinya sama saja kamu menyumbang sampah plastik karena rata-rata jaman sekarang ini minuman ‘kekinian’ banyak yang menggunakan kemasan gelas dan sedotan plastik. Jadi, lebih sehat kalau kamu lebih kreatif untuk membuat makanan dan minuman sendiri.

  1. Tahan Nggak Belanja Online

Coba perhatikan, saat kamu belanja secara online maka barang yang kamu pesan akan datang dengan menggunakan bungkus plastik yang berlembar-lembar. Apalagi jika kamu membeli barang yang mudah rusak atau pecah! Jadi sebaiknya kamu sudah mulai bisa menahan hobi belanja online kamu dan kembali seperti semula yaitu kamu pergi ke toko dan memilih barang lalu bawa pulang barangnya tanpa harus menggunakan kemasan plastik berlapis-lapis.

Kalau kamu bisa mengikuti tips mengurangi sampah plastik diatas itu artinya kamu sudah ikut berperan dalam menjaga lingkungan rumah kamu dari tumpukan sampah plastik. Jadikan hidup tanpa plastik sebagai gaya hidup kamu biar lingkungan rumahmu menjadi lebih asri tanpa ada tumpukan sampah plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai kak, Klik salah satu CS kami dibawah! kami akan merespon anda secepat mungkin

Chat Kami Sekarang