Contoh Artikel Pernikahan: 7 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Dengan Matang Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Contoh Artikel Pernikahan: 7 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Dengan Matang Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Mau menikah? Coba kamu meyakinkan diri terlebih dahulu dengan beberapa tips sebelum menikah dengan sang kekasih! Walaupun sebuah hubungan kasih inginnya diakhiri dengan menikah tetapi bukan berarti kamu bisa langsung menerima si dia menjadi pasangan hidup kamu loh.

Sebelum memutuskan untuk menikah mantapkan hati dan perasaan kamu. Kamu jangan membayangkan sebuah pernikahan bagaikan kehidupan dongeng yang berisi hal-hal indah dan manis saja. Justru dalam sebuah penikahanlah kehidupan yang sebenarnya akan kamu alami dan jalani. Terutama perubahan status kamu dari lajang menjadi sudah mempunyai pasangan. Siapkah kamu?

Jadi, sebaiknya sebelum kamu menjawab ‘ya, saya bersedia’, ada 7 hal yang harus menjadi pertimbangan kamu dengan matang biar nggak menyesal, yaitu:

  1. Yakin Bukan Karena Dipaksa

Sebuah pernikahan tentunya kamu yang akan menjalaninya. Jangan pernah menikah berlandaskan paksaan karena akhirnya akan tidak menyenangkan. Walaupun paksaan datang dari kekasih atau keluarga. Saat kamu menerima pinangan, kamu harus benar-benar yakin bahwa hal tersebut memang merupakan keputusan serta keyakinan kamu terhadap kekasih untuk merajut hidup berdua.

  1. Yakin Bukan Merupakan Hubungan Yang Salah

Tanpa disadari kamu mungkin sudah terjebak dalam hubungan yang salah, dengan orang yang salah. Namun, kamu belum menyadarinya. Banyak wanita yang baru menyadari bahwa ia  menikah dengan orang yang salah setelah merasa kehidupan rumah tangganya tidak membuatnya bahagia. Yakinkanlah diri bahwa hubungan kasih denganya bukan hubungan yang salah sehingga kamu tidak akan menyesal di kemudian hari.

  1. Yakin Bisa Saling Terbuka

Masing-masing manusia tentunya akan mempunyai masa lalu atau pengalaman hidup yang menjadi pedoman. Saat masih berpacaran kamu sudah bisa menilai apakah pasanganmu ini selalu terbuka dan jujur atau masih ada yang disembunyikan. Mungkin bahkan dari diri kamu sendiri, apakah kamu sudah siap untuk selalu berkata jujur dan terbuka pada pasangan. Kalau kamu masih merasa ada yang tidak boleh diketahui oleh pasangan sebaiknya tunda dulu untuk menerima lamarannya. Memulai sebuah pernikahan sebaiknya tidak ada yang ditutup-tutupi.

  1. Yakin Bisa Menerima Keluarganya Menjadi Keluargamu

Saat kamu menikah itu artinya orangtua dia adalah orangtua kamu juga. Kamu sudah merasa yakin? Kendala yang sering terjadi adalah ada sikap atau perilaku orangtua pasangan yang tidak berkenan di hati kamu dan ini dapat menjadi batu sandungan dalam rumahtangga. Jadi sebelum menerima pinangannya, yakinkan hati kamu bahwa apakah kamu siap menghadapi orangtua beserta keluarganya kelak?

  1. Yakin Bisa Merubah ‘Aku’ Menjadi ‘Kita’

Rumah tangga bukan menjadi tempat yang masih membahasakan ‘aku’. Kalau kamu yakin bisa merubah itu artinya kamu sudah siap menjalani rumahtangga. Bukan berarti kamu akan kehilangan kepribadian kamu tapi kamu memang sudah harus siap untuk melibatkan pasangan dalam hal apapun, bahkan untuk mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan pribadi kamu.

  1. Yakin Dengan Kondisi Keuangan

Tips sebelum menikah yang satu ini memang agak sensitif kalau dibicarakan. Perlu adanya keterbukaan karena mengatur keuangan saat masih lajang tentunya akan berbeda dengan mengatur keuangan rumahtangga. Kamu harus merasa yakin apakah kamu siap untuk saling terbuka mengenai pendapatan dan sistem pengelolaan keuangan. Apakah kamu yakin bisa menyesuaikan gaya hidup kamu semasa lajang dengan saat berumahtangga nanti?

  1. Yakin Siap Dengan Momongan

Kesiapan tentang kehadiran momongan juga merupakan hal yang sensitif untuk di bahas. Kehadiran momongan ini akan berhubungan dengan kesiapan mental kamu juga loh. Bagaimana kalau langsung mempunyai momongan atau bagaimana kalau di tunda, kemungkinan-kemungkinan ini harus yakin bisa didiskusikan dan mencapai kesepakatan. Jangan sampai masalah momongan ini menjadi pertentangan ang serius karena di sini ada kepentingan dan keinginan dari pihak masing-masing keluarga.

Menikah bukanlah hal yang sifatnya main-main melainkan sebuah komitmen untuk dijalani seumur hidup. Kamu pastinya akan banyak menerima tips sebelum menikah dari pihak lain tapi semua akan kembali ke diri kamu sendiri, apakah kamu siap untuk berbagi, menerima, memahami, mengerti, serta ikhlas menerima kelebihan dan kekurangan pasangan kamu kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai kak, Klik salah satu CS kami dibawah! kami akan merespon anda secepat mungkin

Chat Kami Sekarang